Perancangan Merchandise Sebagai Media Promosi Museum Negeri Mpu Tantular di Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.67344Abstract
Perancangan merchandise sebagai media promosi Museum Negeri Mpu Tantular Sidoarjo dibuat berdasarkan permasalahan yang ada yaitu, minimnya inovasi promosi yang dilakukan karena adanya keterbatasan dana dan sumber daya manusia (SDM) yang didominasi oleh generasi tua serta ketiadaan ikon khas atau identitas visual yang kuat untuk merepresentasikan citra museum. Dengan perancangan merchandise ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pengunjung dan memperkuat citra museum sebagai pusat budaya yang modern dan menarik. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking. Pada perancangan ini, menghasilkan delapan jenis merchandise dengan kategori daily use berupa kaos, gantungan kunci, botol minum, kipas tangan, notebook, bolpoin, gantungan ponsel dan topi dengan target audiens yang dituju adalah pelajar dengan usia 12 hingga 18 tahun. Dari user testing yang dilakukan, menunjukkan bahwa audiens setuju dengan pilihan jenis barang yang digunakan sebagai merchandise, serta desain yang dirancang sudah mencerminkan karakteristik museum dengan sentuhan kebudayaan Jawa Timur.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

