Macnetic Box Sebagai Media Interaktif Pengenalan Pakaian Adat Indonesia Untuk Anak-anak
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.67383Abstract
Salah satu keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia adalah pakaian adat. Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat dengan ciri khas dan identitasnya masing-masing. Seiring berkembangnya zaman, generasi muda mulai enggan untuk mengenal dan mendalami nilai-nilai budaya daerah seperti halnya pakaian adat. Hal ini dapat menyebabkan lunturnya budaya sebagai identitas bangsa. Sebagai salah satu upaya untuk melestarikan pakaian adat, perlu adanya media yang kreatif dan menarik untuk memperkenalkan pakaian adat kepada generasi muda khususnya anak-anak usia dini. Pada perancangan ini media yang akan dibuat berupa magnetic box yang berisikan puzzle dengan ilustrasi pakaian adat Indonesia. Target Audiens pada perancangan ini yaitu anak-anak usia 4-6 tahun yang duduk di jenjang Pendidikan anak usia dini. Metode perancangan menerapkan design thinking. Perancangan magnetic box ini bertujuan untuk memperkenalkan pakaian adat kepada anak-anak dengan konsep belajar sambil bermain sehingga anak-anak dapat lebih mengenal dan menghargai pakaian adat sebagai warisan budaya Indonesia. Hasil dari perancangan magnetic box ini sudah diuji cobakan di TK Tunas Harapan dan mendapat respon baik dari anak-anak maupun para guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

