Perancangan Buku Cerita Bergambar tentang Literasi Numerasi untuk Anak Usia 5–6 Tahun

Authors

  • Reghina Aqilah Khansa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.67454

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi numerasi pada generasi muda di Indonesia telah menjadi perhatian pemerintah. Media pembelajaran yang terbatas dan metode belajar yang monoton khususnya pada pendidikan anak usia dini menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku cerita bergambar yang mengandung unsur literasi numerasi bagi anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats). Proses perancangan menggunakan pendekatan design thinking yang meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Konsep perancangan desain menggunakan ilustrasi kartun berwarna cerah yang sesuai untuk anak usia dini, dengan cerita bertema keluarga dan aktivitas sehari–hari. Produk yang dihasilkan adalah “Seri Buku Cerita Interaktif Numerasi: Belajar Bilangan” yang terdiri dari seri buku cerita interaktif numerasi, kartu aktivitas numerasi, spidol wipe and clean, serta box produk. Hasil validasi menunjukkan kelayakan produk dengan skor 88,3% dari ahli materi dan 98,6% dari ahli media. Sementara, uji coba pada 11 anak menghasilkan skor 89,7% dengan kategori sangat baik yang menunjukkan buku ini dapat membantu anak–anak mengembangkan kemampuan literasi numerasi melalui kegiatan belajar yang menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Reghina Aqilah Khansa. (2025). Perancangan Buku Cerita Bergambar tentang Literasi Numerasi untuk Anak Usia 5–6 Tahun. BARIK, 7(2), 57–70. https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.67454

Issue

Section

Articles
Abstract views: 98 , PDF Downloads: 96