Perancangan Buku Ilustrasi Satwa Langka di Indonesia Untuk Anak Usia 7-9 Tahun

Authors

  • Jessica Irene Ophirma Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna. Namun, Indonesia mengalami penurunan keanekaragaman fauna yang tinggi. Penyebabnya adalah tindakan manusia berupa penebangan dan konversi hutan (deforestasi) serta kegiatan perburuan terhadap satwa langka menyebabkan satwa langka terancam punah. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya melestarikan satwa langka masih sangat kurang. Tujuan perancangan buku ilustrasi untuk menjelaskan konsep, proses, dan hasil visualisasi buku ilustrasi satwa langka di Indonesia. Perancangan buku ilustrasi ini menerapkan gaya ilustrasi kartun dari sembilan jenis satwa langka di Indonesia dimana warna dari masing-masing ilustrasi kartun tersebut mengikuti warna asli dari masing-masing satwa langka. Perancangan buku ilustrasi tersebut memuat informasi tentang habitat, makanan, serta ancaman terhadap masing-masing satwa langka; dan melalui proses visualisasi, dan finalisasi desain perancangan menghasilkan media informasi berupa buku ilustrasi satwa langka di Indonesia untuk anak usia 7-9 tahun. Pada tahap uji coba penerapan buku ilustrasi tersebut yang dilakukan kepada 15 anak berusia 7-9 tahun, hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 93,33% responden (14 anak) menyatakan bahwa mereka suka membaca isi buku ilustrasi satwa langka tersebut. Hasil uji coba disimpulkan buku ilustrasi tersebut dapat menjadi media edukasi bagi anak usia 7-9 tahun untuk mengetahui, memahami dan turut membantu pelestarian satwa langka di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Jessica Irene Ophirma. (2025). Perancangan Buku Ilustrasi Satwa Langka di Indonesia Untuk Anak Usia 7-9 Tahun. BARIK, 7(2), 184–197. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/68113

Issue

Section

Articles
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 55