Desain Media Board Game Edukasi Bullying Untuk Siswa Kelas 4 SDN Sidodadi 2

Authors

  • Khosy Rafeda Rakha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam kehidupan sosial kita berharap untuk mendapatkan pergaulan yang baik dan sehat, tidak terkecuali bagi para siswa di sekolah. Sekolah dapat menjadi tempat menakutkan dan sumber tekanan karena perilaku siswa, salah satunya ialah bullying. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi berupa board game yang bertujuan untuk mengenalkan perilaku bullying dan cara mengatasinya kepada siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 2. Dengan mengadaptasi permainan ular tangga, board game ini dirancang dengan mengumpulkan data melalui hasil wawancara, observasi dan kepustakaan lalu setelahnya menggunakan pendekatan design thinking yang melibatkan tahap emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Media edukasi ini dibuat agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus memberikan pemahaman yang mendalam mengenai bentuk-bentuk perilaku bullying. Hasil media yang dirancang akan dicetak dan dilakukan tahap validasi dan uji coba  Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan materi, media ini dinilai layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Diharapkan produk ini mampu meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya perilaku saling menghormati antar teman.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-04

How to Cite

Rakha, K. R. (2025). Desain Media Board Game Edukasi Bullying Untuk Siswa Kelas 4 SDN Sidodadi 2. BARIK, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/68183

Issue

Section

Articles
Abstract views: 41