Desain Media Board Game Edukasi Bullying Untuk Siswa Kelas 4 SDN Sidodadi 2
Abstract
Dalam kehidupan sosial kita berharap untuk mendapatkan pergaulan yang baik dan sehat, tidak terkecuali bagi para siswa di sekolah. Sekolah dapat menjadi tempat menakutkan dan sumber tekanan karena perilaku siswa, salah satunya ialah bullying. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi berupa board game yang bertujuan untuk mengenalkan perilaku bullying dan cara mengatasinya kepada siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 2. Dengan mengadaptasi permainan ular tangga, board game ini dirancang dengan mengumpulkan data melalui hasil wawancara, observasi dan kepustakaan lalu setelahnya menggunakan pendekatan design thinking yang melibatkan tahap emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Media edukasi ini dibuat agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus memberikan pemahaman yang mendalam mengenai bentuk-bentuk perilaku bullying. Hasil media yang dirancang akan dicetak dan dilakukan tahap validasi dan uji coba Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan materi, media ini dinilai layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Diharapkan produk ini mampu meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya perilaku saling menghormati antar teman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
