Perancangan Motion Graphic Sebagai Video Pembelajaran Tentang Business Acumen Untuk Pegawai Telkom Bandung
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.68202Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, pemahaman yang mendalam tentang business acumen menjadi krusial bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Untuk kinerja dalam meningkatkan pemahaman materi business acumen, maka perancangan untuk video pembelajaran berbasis motion graphic tentang business acumen bagi pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Bandung dibuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan para ahli, sementara data kuantitatif dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Data primer yang diperoleh yaitu dari wawancara dan observasi, serta data sekunder dari studi literatur. Proses perancangan mengikuti langkah-langkah design thinking, termasuk tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil pengukuran menggunakan rumus N-gain menunjukkan rata-rata skor sebesar 0,6 atau 60%, menandakan peningkatan pemahaman pegawai. Respon positif dari 19 peserta menunjukkan efektivitas media ini. Berdasarkan perancangan ini, disarankan Telkom untuk terus mengembangkan dan mengeksplorasi berbagai media dalam pembelajaran agar pemahaman pegawai tetap relevan dengan perkembangan zaman.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

