Pembangan Game Pengenalan Cerita Rakyat Danau Toba Bagi Siswa Kelas Empat SDN Sidodadi Dua

Authors

  • Dheo Putra Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.68205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa video game 2D berjudul Tales Untangled yang memuat cerita rakyat Danau Toba untuk siswa kelas empat SDN Sidodadi dua. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca dan pengetahuan siswa terhadap budaya lokal akibat dominasi media asing. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Waterfall. Pengembangan game dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa sebagai pengguna utama. Hasil validasi dari ahli media dan materi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan skor di atas 80%. Uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa game mudah dimainkan, menyenangkan, dan efektif dalam memperkenalkan cerita rakyat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media video game dapat menjadi alternatif yang menarik dan inovatif dalam pengenalan cerita rakyat terhadap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Putra, D. (2025). Pembangan Game Pengenalan Cerita Rakyat Danau Toba Bagi Siswa Kelas Empat SDN Sidodadi Dua. BARIK, 7(2), 224–235. https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.68205

Issue

Section

Articles
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 15