Pembangan Game Pengenalan Cerita Rakyat Danau Toba Bagi Siswa Kelas Empat SDN Sidodadi Dua
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.68205Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa video game 2D berjudul Tales Untangled yang memuat cerita rakyat Danau Toba untuk siswa kelas empat SDN Sidodadi dua. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca dan pengetahuan siswa terhadap budaya lokal akibat dominasi media asing. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Waterfall. Pengembangan game dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa sebagai pengguna utama. Hasil validasi dari ahli media dan materi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan skor di atas 80%. Uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa game mudah dimainkan, menyenangkan, dan efektif dalam memperkenalkan cerita rakyat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media video game dapat menjadi alternatif yang menarik dan inovatif dalam pengenalan cerita rakyat terhadap siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

