Perancangan Buku Ilustrasi Edukasi Gangguan Kecemasan Untuk Siswa Kelas 5 SDN 3 Ngunut
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v7i2.68809Abstract
Kesehatan mental anak adalah hal penting dalam tumbuh kembang, namun sering kali belum menjadi perhatian utama, terutama di sekolah dasar. Salah satu masalah yang cukup sering dialami adalah gangguan kecemasan. Masalah ini dapat menghambat proses belajar dan membuat anak jadi kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan merancang buku ilustrasi sebagai media edukasi untuk siswa kelas 5 SDN 3 Ngunut agar mereka lebih mengenal dan memahami gangguan kecemasan yang mereka rasakan. Proses perancangan menggunakan metode design thinking dengan lima tahap: emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Data diperoleh dari wawancara guru, penyebaran kuesioner Zung Anxiety Scale, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasilnya adalah buku ilustrasi berjudul "AKU GUGUP DAN AKU BISA" dengan gaya gambar kartun ekspresif, menggunakan campuran bahasa Indonesia dan Jawa khas Tulungagung, serta alur cerita yang menggambarkan perasaan cemas anak. Uji coba menunjukkan buku ini menarik dan mudah dipahami siswa. Media ini dinilai mampu membantu anak lebih memahami emosinya dan menumbuhkan rasa percaya diri. Buku ini juga berpotensi menjadi media pembelajaran yang mendukung kesehatan mental di sekolah dasar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

