Analisis Pengaruh Technology Readiness terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk Pembayaran Digital (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi e-Wallet Go-Pay, DANA, OV

  • Septi Nur Faizani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Aries Dwi Indriyanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Dompet Digital, Sistem Pembayaran, QRIS, TRAM, PLS-SEM

Abstract

Di Indonesia, terdapat standar untuk QR-Code yang digunakan pada sistem pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia bernama QRIS untuk memberikan pengalaman transaksi pembayaran secara non-tunai yang lebih mudah serta efektif. QRIS yang merupakan teknologi baru, maka banyak dari masyarakat yang belum mengenal teknologi ini. Sehingga pada penelitian ini, tujuan yang hendak peneliti capai yaitu untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kesiapan teknologi (technology readiness) terhadap penerimaan QRIS. Data primer pada penelitian ini didapatkan dari sampel para pengguna aplikasi dompet digital Go-Pay, Dana, OVO, dan LinkAja di Surabaya yang sudah pernah maupun tertarik menggunakan QRIS. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan perhitungan jumlah indikator dikali 5 dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 125 responden. Metode yang diterapkan peneliti ialah TRAM dan PLS-SEM sebagai teknik untuk menganalisis datanya. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu dari 10 hipotesis yang diajukan, enam dapat diterima dan empat sisanya ditolak. Hipotesis yang diterima yaitu optimism dan innovativeness yang terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use serta perceived usefulness dan perceived ease of use yang terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Sedangkan hipotesis yang ditolak yaitu discomfort dan insecurity karena hasil yang didapatkan yaitu kedua variabel tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use.

Published
2021-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 2714
PDF Downloads: 2964