Pengukuran Penerimaan Teknologi dan Pengaruh Kualitas E-Learning terhadap Efektifitas Pembelajaran pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode TAM dan Webqual
DOI:
https://doi.org/10.26740/jeisbi.v2i3.40993Keywords:
WebQual, TAM, Accaptence Technology, e-LearningAbstract
Penelitian ini membahas tentang analisis pengukuran penerimaan teknologi e-learning terhadap efektifitas pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya menggunakan metode TAM dan WebQual. Dalam konteks pendidikan teknologi informasi, e-learning memiliki peran penting sebagai media pembelajaran seperti kecepatan untuk mengakses bahan ajar perkuliahan, meningkatkan kinerja, produktifitas, dan efektifitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas e-learning terhadap efektifitas dan kemudahan pengguna serta mengetahui faktor penentu keberhasilan penerimaan teknologi e-learning yang paling banyak digunakan di Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan yaitu metode TAM sebagai dasar perancangan kuesioner yang terdiri dari 4 konstruk Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Perceived Ease of Use (PEU), Behavioral Intention to Use (BIU) dan juga metode WebQual untuk mengukur pengaruh kualitas e-learning yang terdiri dari 3 dimensi yaitu Usability, Information Quality, dan Service Interaction. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan 6 hipotesis dari model TAM dan Webqual yang telah di uji yaitu terdapat 4 hipotesis yang berpengarug positif signifikan yaitu H1 , H2, H4, dan H6, sedangkan H3 sikap perilaku (ATU) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap niat perilaku (BIU), dan H5 kualitas informasi (WebIQ) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap niat perilaku (BIU).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

