Pengukuran Penerimaan Teknologi dan Pengaruh Kualitas E-Learning terhadap Efektifitas Pembelajaran pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode TAM dan Webqual
Keywords:
WebQual, TAM, Accaptence Technology, e-LearningAbstract
Penelitian ini membahas tentang analisis pengukuran penerimaan teknologi e-learning terhadap efektifitas pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya menggunakan metode TAM dan WebQual. Dalam konteks pendidikan teknologi informasi, e-learning memiliki peran penting sebagai media pembelajaran seperti kecepatan untuk mengakses bahan ajar perkuliahan, meningkatkan kinerja, produktifitas, dan efektifitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas e-learning terhadap efektifitas dan kemudahan pengguna serta mengetahui faktor penentu keberhasilan penerimaan teknologi e-learning yang paling banyak digunakan di Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan yaitu metode TAM sebagai dasar perancangan kuesioner yang terdiri dari 4 konstruk Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Perceived Ease of Use (PEU), Behavioral Intention to Use (BIU) dan juga metode WebQual untuk mengukur pengaruh kualitas e-learning yang terdiri dari 3 dimensi yaitu Usability, Information Quality, dan Service Interaction. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan 6 hipotesis dari model TAM dan Webqual yang telah di uji yaitu terdapat 4 hipotesis yang berpengarug positif signifikan yaitu H1 , H2, H4, dan H6, sedangkan H3 sikap perilaku (ATU) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap niat perilaku (BIU), dan H5 kualitas informasi (WebIQ) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap niat perilaku (BIU).