Analisis Klastering Buku sebagai Evaluasi untuk Peningkatan Minat Baca Perpusatakaan SMAN 1 Grogol

  • Diah Leni Karputri Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiyli Yustanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Clustering, Silhouette Coefficient, Analisis Clustering

Abstract

SMAN 1 Grogol merupakan sekolah menengah atas yang berlokasi di Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan kepada staf perpustakaan, saat ini kondisi minat baca di SMAN 1 Grogol tergolong cukup rendah, hal ini dilihat dari data rekap peminjaman buku di perpustakaan selama lima tahun terakhir yang fluktuatif. Pada perpustakaan penempatan buku juga belum optimal, sehingga perpustakaan SMAN 1 Grogol berkeinginan untuk meningkatkan pelayanannya. Peningkatan pelayanan memberikan kemudahan pada siswa dalam mencari buku sesuai dengan minat baca dan meningkatkan rasa tertarik terhadap buku lain karena setiap buku sudah dikelompokkan sesuai dengan kategori. Manfaat yang diperoleh pihak perpustakaan dapat membantu penentuan prioritas pengadaan buku selanjutnya. Untuk itu diperlukan analisis clustering. Clustering merupakan suatu metode untuk mengelompokkan data yang memiliki kemiripan karakteristik antara satu data dengan data yang lain. Pada penelitian ini akan menggunakan beberapa algoritma clustering yaitu K-Means clustering, K-Medoids clustering, dan Fuzzy C-Means clustering. Hasil percobaan dengan tiga algoritma clustering yang berbeda, mendapatkan cluster yang optimal berada pada cluster 8. Kemudian evaluasi clustering digunakan metode silhouette coefficient, apabila nilai silhouette coefficient mendekati 1 maka hasil cluster tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi. Hasil evaluasi clustering mendapatkan cluster paling optimal adalah cluster 8 dengan nilai slihouette 0,323. Sedangkan algoritma dengan kinerja terbaik adalah K-Medoids clustering memperoleh nilai 0,21328.

Published
2022-06-14
Section
Articles
Abstract View: 47
PDF Download: 35