Analisis Kualitas Sistem Informasi MELISA Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan EUCS (End-User Computing Satisfaction)

  • Gigih Prasongko Universitas Negeri Surabaya
  • Salamun Rohman Nurdin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kualitas Sistem, Kepuasan Pengguna, MELISA, Webqual 4.0, EUCS

Abstract

Pengukuran kualitas sistem informasi dari sisi pengguna menjadi salah satu hal yang bisa dilaksanakan untuk mengetahui seberapa puas pengguna dari penggunaan sistem informasi tersebut. Program Kampus Mandiri Belajar (MBKM) Universitas Negeri Surabaya diimplementasikan menggunakan sistem informasi MELISA, yang menghubungkan antara mahasiswa dengan para dosen dan pihak universitas. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk memastikan seberapa puas pengguna sistem informasi MELISA yakni mahasiswa Fakultas Teknik angkatan 2019 terhadap sistem tersebut. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer melalui kuisioner yang didapatkan. Sisi penggunaan MELISA pada mahasiswa fakultas teknik angkatan 2019 menjadi fokus dalam penelitian ini yang menggunakan teknik pengambilan dengan model sampel probability sampling sehingga diperoleh data sebanyak 90 mahasiswa. Data diolah dengan menggunakan pendekatan WebQual 4.0 yang meliputi variabel Usability, Information Quality, Service Interaction, dan metode End User Computing Satisfaction(EUCS), khususnya pada variabel Content. Menurut hasil temuan peneliti, masing-masing dari empat hipotesis yang diajukan diterima atau secara signifikan mempengaruhi kepuasan pengguna.Selain itu dilihat dari hasil pengolahan data yang ada dapat dinyatakan bahwa variabel yang memiliki nilai pengaruh yang tinggi dalam penggunaan sistem informasi MELISA adalah variabel Service Interaction (X3) dengan persentase sebesar 45,5%, lalu diikuti variabel Content (X4) dengan pengaruh sebesar 28,3%, selanjutnya variabel Information Qualit y(X2)  memiliki pengaruh sebesar 16,8% dan yang memiliki nilai pengaruh paling kecil diantara variabel yang lain adalah variabel Usability (X1) yang mana memiliki pengaruh sebesar 14,5%.

Published
2023-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 128