Analisis Prediksi Penerimaan Pengguna Fitur ShopeeFood Menggunakan Algoritma Support Vector Machine
DOI:
https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.55316Keywords:
ShopeeFood, Penerimaan Pengguna, Prediksi, Support Vector MachineAbstract
Sejalan dengan pandemi pada tahun 2020 membuat perkembangan teknologi, Internet, e-commerce, dan platform online telah menjadi semakin berkembang dan popular. Kumpulan data Measurable AI mengungkapkan bahwa permintaan konsumen untuk layanan pengiriman makanan online atau online food delivery (OFD) telah meningkat secara konsisten selama pandemi dan memasuki pascapandemi, salah satunya Indonesia. Hal ini tentunya membuat Shopee memanfaatkan kesempatan melalui layanan ShopeeFood untuk memasarkan makanan dan minuman secara online dan dalam waktu kurang dari satu tahun peluncuran ShopeeFood telah menempati posisi kedua sebagai platform layanan pesan antar makanan online yang pertama kali diingat menurut KataData.com. Kemudian, peneliti ingin memprediksi penerimaan pengguna fitur ShopeeFood menggunakan algoritma Support Vector Machine dengan bantuan tools RapidMiner. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online dengan Google Form kepada pengguna fitur ShopeeFood di Surabaya sebanyak 275 data. Kemudian data yang didapatkan dibagi menjadi dua kelas yaitu menerima dan tidak menerima yang diolah dengan menggunakan algoritma SVM. Hasil akhir dalam penelitian ini berdasarkan hasil pengujian 10-fold cross validation dengan nilai k=3 memeroleh hasil akurasi 97.82%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

