Analisis Perbaikan User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Gobis (Suroboyo Bus) Menggunakan Metode Design Thinking

Analysis of User Interface and User Experience Improvement on Gobis Application (Suroboyo Bus) Using Design Thinking Method

  • Hany Fitriaruli Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Fatrianto Suyatno Universitas Negeri Surabaya
Keywords: User Interface, User Experience, System Usability Scale, Design Thinking, GOBIS

Abstract

Aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) merupakan sebuah aplikasi layanan transportasi publik yang memuat informasi tentang tracking rute yang dilengkapi dengan petunjuk peta digital secara real time yang mana dapat memperkirakan kedatangan bus di halte serta memuat informasi lain yakni e-ticketing bus AKDP dan AKAP. Aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu pengguna android di Indonesia. Namun, tetap ditemukan beberapa keluhan pengguna pada halaman ulasan di Play Store yang mengakibatkan rating pada playstore rendah yakni dengan rata-rata sebesar 4,2 dari 5. Pada hasil wawancara yang telah dilakukan kepada 10 orang pengguna aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) dengan latar belakang yang berbeda (Mahasiswa, Pelajar SMA, Ibu rumah tangga, dan Pegawai swasta) menghasilkan bahwa aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) memiliki beberapa permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna antara lain: tampilan kurang mengikuti trend masa kini, pemilihan warna, ukuran, ilustrasi yang kurang sesuai, kurangnya konsistensi ukuran pada tulisan, pop-up yang terus muncul sehingga sangat mengganggu, halaman registrasi dan masuk yang membingungkan, serta tidak adanya opsi “hide” pada kolom kata sandi pada saat daftar dan masuk aplikasi sehingga keamanan privasi pengguna kurang terjaga. Kemudian berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan analisis desain perbaikan menggunakan metode Design Thinking yang dapat membantu untuk lebih mendalami dan memahami serta menciptakan rasa empati terhadap pengguna yang dituju. Metode Design Thinking memiliki 5 tahapan yakni Empathize, Define, Ideate, dan Testing. Pada tahap Testing, dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode SUS adalah metode pengujian usability secara efektif dan efisien. Pada hasil pengujian aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) dengan desain perbaikan mendapatkan mendapatkan skor rata-rata SUS sebesar 69,725. Sehingga masuk ke dalam kategori Marginal, tingkat acceptability yang dapat diterima, Adjective range masuk ke dalam kategori OK, dengan Grade Scale C, dan Net Promoter Score (NPS) Passive. Setelah dilakukan tampilan desain perbaikan aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) menggunakan metode Design Thinking mendapatkan hasil skor yang baik, dapat diterima pengguna, dan layak digunakan karena mendapatkan skor System Usability Scale (SUS) yang cukup tinggi dengan menggunakan tampilan desain perbaikan User Interface dan User Experience yang baru.

Published
2024-03-06
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 33