ANALISIS TOKOH RHADAMANTUS DALAM NASKAH DRAMA “KETIKA IBLIS MENIKAHI PEREMPUAN KARYA NICCOLO MACHIEVELLI SADURAN T. ARIEF”

  • Muhammad Afifuddin Universitas Negeri Surabaya
  • Arif Hidajad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tokoh Rhadamantus mempunyai keunikan karakter untuk diteliti, yakni Rhadamantus sebagai iblis, maupun Rhadamantus sebagai manusia. Selain itu tokoh Rhadamantus juga memiliki kedudukan yang unik pada setiap babak yang ada dalam naskah Ketika Iblis Menikahi Perempuan Karya Nicoolo Machievelli Saduran T.Arief. Berdasarkan hal ini, peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana karakter tokoh Rhadamantus, serta kedudukan Rhadamantus dalam naskah drama Ketika Iblis Menikahi Perempuan Karya Niccolo Machievelli Saduran T.Arief. 

Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan naskah sebagai objek data pokok dan studi literatur untuk menganalisis tokoh Rhadamantus yang ada dalam naskah, dalam menginterpretasikan tokoh iblis Rhadamantus, penulis menyertakan sumber data buku tafsir Al-qur’an dari beberapa ulama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi literatur, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini yaitu menguraikan karakter tokoh sesuai kaidah yang ada beserta kedudukannya didalam naskah, serta mencari keunikan tokoh sehingga tokoh tersebut digemari banyak orang.

Hasil dari penelitian bertujuan mengetahui secara detail tentang pengertian iblis, pemahaman metafora dari karakter iblis, serta bisa digunakan untuk penulis atau sutradara dalam menginterpretasikan tokoh dalam naskah secara tepat, dan memberikan nilai pada suatu pertunjukan yang akan dipentaskan.

Kata Kunci: Analisis, karakter, kedudukan.

Published
2021-06-02
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 401