BENTUK PERTUNJUKAN DAN NILAI KARAKTER KESENIAN PENCAK DI SANGGAR KARYA MUDA KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

  • Retno Ayu Mayangsari Universitas Negeri Surabaya
  • Retnayu Prasetyanti Sekti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kesenian Pencak merupakan bentuk seni pertunjukan yang bermula dari pengembangan pola gerak Pencak Silat yang diiringi musik. Iringan musik yang menyatu dengan gerak memberikan kesan unik dan estetis. Hadirnya Kesenian Pencak sebagai bentuk seni pertunjukan diperkuat dengan elemen seni pertunjukan yang saling interaksi. Bentuk pertunjukan pada Kesenian Pencak meliputi: struktur pertunjukan, gerak, tata rias busana, tata pentas cahaya, iringan musik, serta properti. Kesenian Pencak dinilai mampu menjadi media pendidikan dalam pembentukan karakter baik pada diri seseorang. Seperti di Sanggar Pencak Karya Muda, ketika belajar menjadi seniman Pencak, tidak hanya memahami jurus bela diri, juga memahami sikap dalam pengetahuan moral, perasaan moral dan perbuatan moral dalam membentuk karakter baik.

Permasalahan yang dikaji dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Mengapa Kesenian Pencak di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember disebut sebagai bentuk pertunjukan?, 2). Bagaimana bentuk pertunjukan Kesenian Pencak di Sanggar Karya Muda Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember?, dan 3). Nilai karakter apa saja yang terkandung dalam Kesenian Pencak di Sanggar Karya Muda Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian menjelaskan, Kesenian Pencak sebagai bentuk seni pertunjukan, mendeskripsikan bentuk pertunjukan serta nilai karakter pada Kesenian Pencak di Sanggar Karya Muda Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan obyek nilai karakter dan bentuk pertunjukan. Sumber data penelitian menggunakan narasumber Munarto pemilik sanggar, dan Nanangkosin selaku pendekar dan pelatih. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pendokumentasian. Uji keabsahan penelitian menggunakan teknik triangulasi serta analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Simpulan penelitian ini menjelaskan, Kesenian Pencak merupakan sebuah bentuk seni pertunjukan yang memiliki teks / bentuk meliputi: isi dan struktur, serta konteks. Pencak Silat selain dikenal sebagai ajang bela diri, juga memiliki kaitan erat dengan nilai karakter di dalamnya. Sehingga penelitian ini selain membahas mengenai bentuk pertunjukan, juga menganalisis nilai karakter yang terkandung dalam Kesenian Pencak.

Kata Kunci: Bentuk Pertunjukan, Kesenian Pencak,  Nilai Karakter

Published
2021-06-10
Abstract Views: 386
PDF Downloads: 345