BENTUK PERTUNJUKAN, FUNGSI DAN MAKNA TARI PENTOEL TEMBEM DALAM PROSESI RITUAL NYADRAN DESA SONOAGENG KABUPATEN NGANJUK

  • Sister Estevinora Lourens Universitas Negeri Surabaya
  • Anik Juwariyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Tari Pentoel Tembem sebagai bentuk seni pertunjukan, mendeskripsikan bentuk pertunjukan, fungsi dan makna pada Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya, 1). Bagaimana Bentuk Pertunjukan Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kabupaten Nganjuk?, 2). Bagaimana Fungsi Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kabupaten Nganjuk?, dan 3). Bagaimana Makna Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kabupaten Nganjuk?. Objek penelitian adalah bentuk pertunjukan, fungsi dan makna yang dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah Didik Yudhianto selaku Ketua Paguyuban Putro Mbah Sahid dan Bambang Agus Yuwono selaku pelaku Tari Pentoel Tembem. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pendokumentasian. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menyatakan, Bentuk Pertunjukan Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kabupaten Nganjuk terdiri dari bentuk penyajian, struktur pertunjukan dan elemen pertunjukan. Bentuk penyajian Tari Pentoel Tembem terdiri dari gerak, iringan/musik, tata rias, tata busana, properti serta tempat pertunjukan. Struktur pertunjukan diawali dengan ritual, kemudian arak-arakan mengelilingi Dusun Sonoageng dan ditutup dengan ritual kembali. Elemen-elemen pertunjukan terdiri dari pelaku, penonton serta penyelenggara. Fungsi Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kabupaten Nganjuk yaitu a). Tari Pentoel Tembem sebagai Cerminan dan Legitimasi Sosial, b). Tari Pentoel Tembem sebagai Wahana Ekspresi Ritus yang Bersifat Sekuler maupun Religius, c). Tari Pentoel Tembem sebagai Wahana Hiburan Sosial atau Kegiatan Rekreasional, d). Tari Pentoel Tembem sebagai Saluran maupun Pelepasan Kejiwaan, e). Tari Pentoel Tembem sebagai Cerminan Nilai Estetik atau Sebuah Kegiatan Estetik Dalam Dirinya Sendiri. Makna Tari Pentoel Tembem dalam Prosesi Ritual Nyadran Desa Sonoageng Kabupaten Nganjuk yaitu a). Makna Gerak Tari Pentoel Tembem, b). Makna Sesaji Tari Pentoel Tembem, c). Makna Properti Tari Pentoel Tembem.

Simpulan penelitian ini menjelaskan, Tari Pentoel Tembem merupakan sebuah seni pertunjukan yang memiliki bentuk meliputi: isi dan struktur, serta konteks. Tari Pentoel Tembem sangat erat kaitannya dengan Prosesi Ritual Nyadran. Sehingga dalam penelitian ini, selain membahas mengenai bentuk pertunjukan, peneliti akan menganalisis fungsi dan makna yang terkandung dalam Tari Pentoel Tembem.

 

Kata Kunci: Tari Pentoel Tembem, Bentuk Pertunjukan, Fungsi, Makna

Published
2021-06-21
Abstract Views: 466
PDF Downloads: 331