PROSES KREATIF RIZZA AHMAD DALAM KARYA TARI WAYANG DHARMA PADA FESTIVAL KEBUDAYAAN YOGYAKARTA

  • Dedy Arliansyah Prabowo College Student
  • I Nengah Mariasa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan proses kreatif penciptaan Tari Wayang Dharma di Festival Budaya Yogyakarta (FKY) tahun 2020 oleh koreografer Rizza Ahmad Dwi Saputra. Karya ini menang dalam kompetisi ini dan menurut penulis, memiliki keunikan tersendiri karena karya tari ini disajikan menggunakan teknik sinematografi. sehingga karya tari yang dihasilkan melahirkan ciri khas penciptanya. Penelitian ini menggunakan teori yang ditulis oleh Alma Hawkins yang diterjemahkan oleh Sumandiyo Hadi dengan judul “Mencipta Melalui Tari”. Dalam buku ini tertulis bahwa proses kreatif dalam menciptakan sebuah karya tari terdiri dari empat tahapan yang akan dilakukan yaitu eksplorasi, improvisasi, evaluasi dan komposisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan objek materi tari Wayang Dharma diperkuat dengan sumber data antara lain koreografer, penari, dan pengamat seni yang lain. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini, teknik triangulasi digunakan peneliti untuk menganalisis data yang telah diperoleh sehingga keabsahan dan keabsahan data dapat dipertanggungjawabkan.               Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses kreatif yang dilakukan oleh Rizza Ahmad dalam menciptakan karya tari Wayang Dharma sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Alma Hawkins, yaitu berupa aspek koreografi meliputi : 1.) Eksplorasi yaitu ketika Rizza observasi dengan mendatangi beberapa dalang untuk dijadikan pijakan dalam mengeksplor gerak wayang, 2.) Improvisasi ketika Rizza mencoba mengembangkan gerak dengan menggunakan aspek ruang, waktu, dan tenaga, 3.) Komposisi dalam hal ini Rizza menyeleksi, merangkai dan membentuk semua aspek agar sesuai dengan apa yang diinginkannya.Kata Kunci : Struktur Pertunjukan, Jaranan Pegon

Published
2022-07-09
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 67