TATA KELOLA FESTIVAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) BIDANG SENI TARI TINGKAT SMP PADA TAHUN 2021 DI KABUPATEN SIDOARJO

  • Rini Widyastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Wahyuni Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Festival Lomba Siswa Nasional (FLS2N) adalah program Nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendiknas untuk menjaring prestasi para peserta didik dalam bidang seni mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Artikel ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan sistem tata kelola Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) khususnya di masa pandemi covid-19 pada tahun 2021, (2) Mengetahui kontribusi dari hasil kegiatan FLS2N bagi stakeholder utamanya bagi siswa, guru, dan sekolah yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan  teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Validitas data penelitian menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan tata kelola FLS2N bidang seni tari di Kabupaten Sidoarjo di masa pandemi covid-19 tahun 2021 mengacu pada rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam juklak/juknis, berdasarkan Fungsi Manajemen (1) perencanaan (planning), (2) pengorganisasian (organizing), (3) pergerakan (actuating), dan (4) pengawasan (controlling). FLS2N memiliki kontribusi yaitu mewadahi atau menjadi ruang bagi guru dan siswa SMP untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif.  Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo

 

Kata Kunci: tata kelola, FLS2N, seni tari, Sekolah Menengah Pertama, Kab. Sidoarjo.

Published
2023-01-24
How to Cite
Widyastuti, R., & Rahayu, E. (2023). TATA KELOLA FESTIVAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) BIDANG SENI TARI TINGKAT SMP PADA TAHUN 2021 DI KABUPATEN SIDOARJO. APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 10(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/50931
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 103