Pengaruh Media Prezi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Peserta Didik Kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang Tahun Pelajaran 2017/2018

  • EKA AGUSTINA

Abstract

Menulis teks biografi merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada kelas X SMA dalam Kurikulum 2013. Tujuan menulis teks biografi yakni peserta didik dapat terinspirasi untuk mencapai kesuksesan seperti yang dialami oleh tokoh. Pembelajaran menulis teks biografi dapat menggunakan media. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media prezi.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripisikan tentang (1) penerapan media prezi dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang, (2) pengaruh media prezi terhadap kemampuan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang, (3) respons peserta didik terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media prezi pada kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bentuk desain penelitian ini adalah True Experimental Design dengan bentuk pretest and posttest control group design. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil observasi, hasil belajar, dan respons. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. `

` Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan peserta didik kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang dalam pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media prezi dapat dikatakan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari aktivitas pendidik sebesar 80% dan hasil rata-rata yang diperoleh dari aktivitas peserta didik sebesar 84%.

Kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang sebelum mendapatkan perlakuan masih rendah. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol yakni 60,34 dan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 59,56. Hasil postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan. Nilai rata-rata postes kelas kontrol yakni 75 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen yakni 86,34. Hasil perhitungan uji t diperoleh t = 5,603 dengan db = 62. Hal tersebut menunjukan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, yakni t0 = 5,603 > 2,00. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa penerapan media prezi berpengaruh positif.

Hasil respons menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media prezi dalam pembelajaran menulis teks biografi. Salah satu aspek menunjukkan 71,87% peserta didik menyatakan setuju bahwa pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media prezi dapat memotivasi peserta didik mengikuti pembelajaran menulis teks biografi.

Kata Kunci: Menulis, Teks Biografi, Media Prezi







Published
2018-05-01
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 61