Pengembangan Media Flipchart Berbasis Gambar Sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII UPT SMPN 29 Gresik Tahun Pelajaran 2019/2020

  • TITANIA ASHARI
  • DIDING WAHYUDIN ROHAEDI

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media flipchart yang berbasis gambar sebagai penyempurna media flipchart sebelumnya. Pengembangan media flipchart berbasis gambar ini diterapkan di UPT SMP Negeri 29 Gresik pada siswa kelas VIII dalam pembelajaran menulis eksplanasi. Pengembangan ini didasarkan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi sebelumnya yang masih bersifat konvensional, hal ini karena pembelajaran masih menggunakan media video dan power point. Selain itu juga karena siswa masih belum begitu menguasai teks eksplanasi, sehingga pembelajaran masih menggunakan sistem ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan model Sadiman dengan langkah-langkah pengembangan media yaitu (a) menganalisis kebutuhan karakter siswa; (b) merumuskan tujuan instruksional (instructional objective) dengan operasional dan khas; (c) merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan; (d) mengembangkan alat pengukur keberhasilan; (e) menulis naskah media; (f) mengadakan tes dan revisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media flipchart berbasis gambar dan mendeskripsikan kualitas media flipchart berbasis gambar yang ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kualitas media flipchart berbasis gambar diperoleh melalui aspek berikut, (1) Kevalidan media flipchart berbasis gambar ditinjau dari komponen penyajian media dan komponen isi media, keduanya menunjukkan hasil persentase 84% dengan kualifikasi deskripsi “sangat baik”. (2) Keefektifan media flipchart berbasis gambar berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, hasil observasi aktivitas siswa , dan hasil tes siswa menunjukkan hasil persentase secara berurutan 94%, 92%, dan 84,6 dengan deskripsi kualifikasi masing-masing yaitu “sangat baik”. (3) Kepraktisan media flipchart berbasis gambar melalui tabel hasil respon siswa menunjukkan rata-rata persentase jawaban “ya” mencapai 67,5% dalam deskripsi kualifikasi “baik”. Berdasarkan rata-rata nilai tiga aspek tersebut, dapat diketahui kualitas media flipchart menunjukkan persentase angka 80,6% dan jika dibulatkan maka mencapai persentase angka 81%. Maka, tingkat kualitas media flipchart berbasis gambar dapat dikualifikasikan dengan deskripsi “sangat baik”.

Kata Kunci: pengembangan, flipchart, menulis eksplanasi


Published
2020-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 115