NGUNDHAKAKE KATRAMPILAN NYEMAK DONGENG KANTHI MODHEL NUMBERED HEADS TOGETHER LUMANTAR MEDHIA AUDIO SISWA KELAS 7 A SMPN 6 TULUNGAGUNG

  • DEWI SARTIKORINI

Abstract

Dongeng merupakan salah satu karya sastra berwujud narasi yang mempunyai tujuan memberikan pengajaran kepada pembaca.Dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam bahasa Jawa di tingkat sekolah menengah pembelajaran dongeng merupakan pembelajaran yang penting.Melalui dongeng siswa bisa mengerti menganai nasehat dan pelajaran hidup yang ada di masyarakat. Hal tersebut yang menjadikan betapa pentingnya pembelajaran dongeng di SMP, akan tetapi selama ini ditemukan beberapa siswa yang kesulitan dalam pmbelajaran apresiasi cerita dongeng menggunakan bahasa Jawa. Berdasarkan hasil penelitian prasiklus di kelas VII A SMPN 6 Tulungagung ditemukan dari 33 siswa, 75% siswa memperoleh nilai di bawah KKM untuk materi cerita dongeng. Peneliti akan mengadakan penelitian menggunakan model pembelajaran NHT melalui media audio. Dengan adanye media diharapkan siswa bisa secara langsung menyemak dongeng dengan focus.

Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan ketrampilan guru dalam pembelajaran nyemak cerita dongeng menggunakan modhel NHT dengan media audiovisual siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung? (2) bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran nyemak cerita dongeng menggunakan modhel NHT dengan media audiovisual siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung? (3) bagaimana peningkatan ketrampilan nyemak siswa dalam pembelajaran nyemak cerita dongeng menggunakan modhel NHT dengan media audiovisual siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan ketrampilan guru dalam pembelajaran nyemak cerita dongeng menggunakan modhel NHT dengan media audiovisual siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung, (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran nyemak cerita dongeng menggunakan modhel NHT dengan media audiovisual siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung, (3) untuk mengetahui peningkatan ketrampilan siswa dalam pembelajaran nyemak cerita dongeng menggunakan modhel NHT dengan media audiovisual siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi dua siklus penelitian.Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yakni guru dan murid kelas VII A SMPN 6 Tulungagung. Tata cara mengumpulkan data menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitataif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ketrampilan guru siklus I mendapatkan skor 24 dengan kategori “baik”.Siklus II ketrampilan guru mendapatkan skor 33 dengan kategori “baik sekali”. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 13 sengan kategori “cukup” dan pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 22 dengan kategori “baik”. Hasil belajar ketrampilan nyemak siswa pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 72,66 dengan nilai tertinggi 82,67 dan nilai yang terendah adalah 41. Sebanyak 19 siswa berhasil mencapai KKM, dan 14 siswa yang lain nilai di bawah KKM. Ketuntasan klasikal siklus I 58%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 81,17, nilai tertinggi 92,5, dan nilai terendah 65,5. Sebanyak 29 siswa dapat mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal 88%.

Berdasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan jika pembelajaran nyemak dongeng melalui modhel NHT dengan media audio visual bisa meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan ketrampilan nyemak siswa kelas VII A SMPN 6 Tulungagung. Manfaat dari penelitian ini adalah bisa memberikan input kepada sekolah dalam proses memperbaiki pembelajaran, sehingga proses pembelajaran bisa lebih efektif dan mutu pembelajaran di sekolah bisa meningkat

Kata kunci: ketrampilan menyemak, dongeng, NHT, Medhia Audio

Published
2016-02-11
How to Cite
SARTIKORINI, D. (2016). NGUNDHAKAKE KATRAMPILAN NYEMAK DONGENG KANTHI MODHEL NUMBERED HEADS TOGETHER LUMANTAR MEDHIA AUDIO SISWA KELAS 7 A SMPN 6 TULUNGAGUNG. JOB (Jurnal Online Baradha), 4(1). https://doi.org/10.26740/job.v4n1.p%p
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 13