NGELMU RASA SAJRONE SERAT KEBO KANANGA (TINTINGAN STRUKTURAL LAN ASPEK FILOSOFIK)

  • DIKI FAJAR SETIANTO
  • BAMBANG PURNOMO

Abstract

Ngelmu Jawa yang paling tinggi dan besar itu adalah ilmu Ketauhidan. Ngelmu Rasa itu harus dicari dengan adanya Ghaibing Gusti. Jika orang jawa bisa menemukan asalnya Gusti, maka orang tersebut bisa awan lan peka terhadap keadaan yang ada di sekitar. Ngelmu Rasa ada sesambungan dengan Ngelmu Kesempurnaan Hidup yang ada di tanah Jawa.

Permasalahan dalam penelitian ing adalah: (1) bagaimana struktur pembangun didalam Serat Kebo Kananga, (2) bagaimana Ngelmu Rasa didalam Serat Kebo Kananga. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan struktur pembangun teks dan menjelaskan Ngelmu Rasa didalam teks. Manfaat dari penelitian ini diharapkan bisa mempunyai manfaat untuk penelitian-penelitian sastra Jawa yang berupa naskah atau yang sudah berupa teks. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah penelitian yang berkaitan dengan serat khususnya Serat Kebo Kananga. Landasan teori yang dipergunakan adalah (1) teori strukturul, (2) selanjutnya metode Hermeneutika digunakan untuk menafsirkan bab yang di teliti didalam Serat Kebo Kananga.

Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif yang bersifat dheskriptif. Hasil translitersi Serat Kebo Kananga ini menjadi sumber dhata. Cuplikan yang berupa tembang macapat didalam Serat Kebo Kananga ini sebagai dhata yang dianalisis. Dhata-dhata dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara memberi tanda warna dengan bolpoin yang berwarna-warni.

Hasil penelitian menunjukan (1) Struktur pembangun Serat Kebo Kananga. (2) Ngelmu Rasa didalam Serat Kebo Kananga. Orang Jawa yang melakukan Ngelmu Rasa itu untuk mengerti asalnya Gusti dimana keberadaannya. Mengerti suksma sejati, mengerti Guru sejati lan mengerti sangkan paraning dumadi.

Kata Kunci : Ngelmu Rasa, Stuktur dan Serat

Published
2020-05-10
How to Cite
FAJAR SETIANTO, D., & PURNOMO, B. (2020). NGELMU RASA SAJRONE SERAT KEBO KANANGA (TINTINGAN STRUKTURAL LAN ASPEK FILOSOFIK). JOB (Jurnal Online Baradha), 13(4). https://doi.org/10.26740/job.v13n4.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 33