MAKNA IMPLIKATUR IKLAN LAYANAN MASYARAKAT NGENANI VIRUS CORONA

  • KARTIKA SHANTY
  • SRI WAHYU WIDAYATI

Abstract

Abstrak

Penelitian tentang makna implikatur iklan layanan masyarakat mengenai virus corona bertujuan untuk mendeskripsikan makna implikatur yang terdapat iklan layanan masyarakat mengenai virus corona dengan cara menganalisis makna konseptual dan makna kontekstual terlebih dahulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang makna implikatur yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat mengenai virus corona. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan layanan masyarakat yang ada di internet selama masa pandemi virus corona berlangsung. Penelitian ini menggunakan tiga tahap analisis data, yakni tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa makna implikatur yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat mengenai virus corona ada 3 macam, yaitu ajakan, himbauan, dan peringatan.

Kata kunci : pragmatik, implikatur, iklan layanan masyarakat,

Abstract

Research on the meaning of public service advertisement implicatures on virus corona to describe the implicative meanings by analyzing conceptual meanings and contextual meanings first. This type of research is qualitative with a descriptive approach. The data in this study are sentences containing implicative meanings contained in public service announcements about virus corona. The data source in this study is public service announcements that exist on the internet during the virus corona pandemic. This study uses three stages of data analysis, namely the stage of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study found that implications of the implications contained in public service announcements about virus corona there are 3 types, namely solicitation, appeal, and warning.

Keywords: pragmatics, implicatures, public service announcements.


Published
2020-06-26
How to Cite
SHANTY, K., & WAHYU WIDAYATI, S. (2020). MAKNA IMPLIKATUR IKLAN LAYANAN MASYARAKAT NGENANI VIRUS CORONA. JOB (Jurnal Online Baradha), 15(6). https://doi.org/10.26740/job.v15n6.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 69