KEPERCAYAAN MASYARAKAT JAWA DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI CODE DAN PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA)

  • Imro’atul Khasanah UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Yunita Ernawati UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Novel Prau Layar ing Kali Code dan Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono merupakan salah satu karya sastra sebagai wujud kebudayaan Jawa yang menggambarkan kehidupan masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa masih mematuhi kepercayaan terhadap mitos dan mistik. Berdasarkan pernyataan tersebut, penelitian ini akan membahas tentang mitos, mistik, pengaruh kepercayaan mitos dan mistik dalam novel, dan pendapat masyarakat Jawa terhadap mitos dan mistik. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah antropologi sastra. Sumber data primer adalah novel Prau Layar ing Kali Code dan Prau Layar ing Kali Opak, sedangkan sumber data sekunder yakni pendapat masyarakat melalui wawancara.

Hasil penelitian (1) kepercayaan masyarakat Jawa terhadap mitos yaitu gugon tuhon yang disandikan dan gugon tuhon larangan, legenda Ki Ageng Pemanahan, legenda Kanjeng Ratu Kidul, dan legenda Panembahan Senopati, pralambang hewan dan keadaan, serta sirikan, (2) kepercayaan mistik yaitu makhluk halus, wangsit, tirakat, benda sakti, sesaji, ilmu gaib produktif dan ilmu gaib protektif, (3) pengaruh positif terhadap kepercayaan mitos dan mistik lebih berhati-hati dalam bertindak, sedangkan pengaruh negatif yaitu bertindak semena-mena, dan (4) pendapat masyarakat Jawa dalam penelitian ini berdasarkan pekerjaan, agama, dan sesepuh. Simpulan dari pendapat masyarakat tersebut yaitu kepercayaan mitos dan mistik merupakan perwujudan pembelajaran mengenai kehidupan yang menjadi peninggalan leluhur sebagai warisan yang perlu dilestarikan.

Kata kunci: kepercayaan, masyarakat Jawa, mitos, mistik.

 

Published
2021-01-05
How to Cite
Khasanah, I., & Ernawati, Y. (2021). KEPERCAYAAN MASYARAKAT JAWA DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI CODE DAN PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA). JOB (Jurnal Online Baradha), 16(7). https://doi.org/10.26740/job.v16n7.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 538
PDF Downloads: 572