Depresi Sebagai Problem Behavior Disorder Di Dalam Novel Kupu Wengi Mbangun Swarga Karya Tulus S (Pendekatan Psikologi Skinner)

  • Melvin Widyaningrum UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • darni darni UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Novel Kupu Wengi Mbangun Swarga karya Tulus Setiyadi, STP. mengandung problematika kejiwaan sebagai behavior disorder. Problem kejiwaan di dalam novel Kupu Wengi Mbangun Swarga ini berupa dhepresi yang dialami tokoh utamanya, Raminten. Pendekatan yang tepat untuk mengulik lebih dalam problem kejiwaan dhepresi tokoh Raminten tersebut yaitu menggunakan teori psikologi sastra oleh B.F. Skinner. Berdasarkan dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan rumusan masalah penelitian ini adalah  apa saja stimulus depresi, wujud depresi, wujud respon depresi dan penguatan positif yang bisa menyebabkan dhepresi sebagai behavior disorder didalam novel KWMS karya Tulus S.? Dari rumusan masalah tersebut bisa disimpulkan tujuannya yaitu menjelaskan tentang stimulus depresi, wujud depresi, wujud respon depresi dan penguatan positif yang bisa menyebabkan dhepresi sebagai behavior disorder didalam novel KWMS karya Tulus S. Penelitian ini menunjukkan penelitian kualitatif. Tata cara mengumpulkan data menggunakan Teknik Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan problem kejiwaan dhepresi di dalam tokoh Raminten sebagai problem behavior disorder yang ada di dalam novel Kupu Wengi Mbangun Swarga menjelaskan bab (1) Stimulus yang menyebabkan dhepresi yaitu stimulus internal dan stimulus eksternal. (2) Wujud dhepresi seperti melamun, sedih, menangis, dan ingin bunuh diri. (3) Wujud respon dhepresi seperti respon positif dan respon negatif. (4) Penguatan positif yang bisa mengatasi dhepresi seperti memiliki banyak uang dan menyebar kebaikan.

 

Kata kunci: percintaan, dhepresi, dan wanita pelacur.

Published
2021-01-08
How to Cite
Widyaningrum, M., & darni, darni. (2021). Depresi Sebagai Problem Behavior Disorder Di Dalam Novel Kupu Wengi Mbangun Swarga Karya Tulus S (Pendekatan Psikologi Skinner). JOB (Jurnal Online Baradha), 17(1), 1-26. https://doi.org/10.26740/job.v17n1.p1-26
Section
Articles
Abstract Views: 325
PDF Downloads: 559