Dekonstruksi Feminitas Dalam Novel Jemini Karya Suparto Brata (Kajian Dekonstruksi Jaques Derrida)

  • Cinthya Maulita Widyantoro UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Yunita Ernawati

Abstract

Abstrak
Novel Jemini adalah salah satu hasil karya Suparto Brata yang menceritakan tentang tokoh wanita yang melakukan tindakan yang menyimpang dari kodrat seorang wanita. Contohnya tokoh yang bernama Jemini yang mempunyai sifat dan tindakannya seperti laki-laki, dia senang bermain kesana kemari dan tidak mengerti pekerjaan didapur. Sifat yang tidak sesuai tersebut mempunyai arti yang tidak tertulis yang bisa menumbuhkan pemikiran baru terhadap pembaca. Berdasarkan tindakan dan sifat tokoh Jemini tersebut, maka dari itu penelitian ini akan diteliti dengan menggunakan teori Dhekonstruksi Jaques Derrida.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk nilai feminitas didalam novel Jemini karya Suparto Brata dan untuk mengetahui wujud dhekonstruksi yang terkandung didalam novel Jemini karya Suparto Brata supaya menambah wawasan pembaca tentang nilai feminitas dan teori dhekonstruksi. Penelitian ini menggunakan teori dhekonstruksi Jaques Derrida yaitu teori yang membahas oposisi binner dan akan menimbulkan pemikiran atau gagasan baru didalam karya sastra. Penelitian ini akan mengangkat seseorang yang mempunyai sifat kebalikannya dari sifat feminitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan tokoh Jemini yang terlihat mempunyai sifat dan tindakan yang buruk, tetapi sebenarnya tokoh Jemini tersebut mempunyai harapan yang besar untuk mewujudkan rasa bebas terhadap wanita terutama unruk dirinya sendiri. Tokoh Jemini tersebut memberikan contoh sebagai wanita harus mempunyai sifat pemberani dalam menghadapi keadaan yang membuatnya susah. Sebenarnya tindakan Jemini tersebut untuk mewujudkan harapannya memiliki kehidupan yang lebih makmur.
Kata Kunci : Dekonstruksi, Feminitas, Maskulintas, Oposisi Binner

Published
2021-01-12
How to Cite
Maulita Widyantoro, C., & Ernawati, Y. (2021). Dekonstruksi Feminitas Dalam Novel Jemini Karya Suparto Brata (Kajian Dekonstruksi Jaques Derrida). JOB (Jurnal Online Baradha), 17(1), 154-176. https://doi.org/10.26740/job.v17n1.p154-176
Section
Articles
Abstract Views: 530
PDF Downloads: 893