Wujud Disposisi Tokoh Utama dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata (Analisis Psikologi Kapribaden Gordon Allport)

  • Afiva Nurqomariyyah UNESA
  • Darni Darni UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis disposisi yang dilakukan Abrit Mayamaya dalam novel Cintrong Paju-Pat (CPP) (2) wujud disposisi kardinal Abrit Mayamaya dalam novel CPP (3) wujud disposisi sentral Abrit Mayamaya dalam novel CPP. Penelitian ini menggunakan teori psikologi kepribadian Gordon Allport. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian adalah sifat dan perilaku tokoh utama novel CPP yang dicetak pada tahun 2010 oleh Suparto Brata. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, dan perilaku tokoh utama yang menggambarkan wujud disposisi dalam pengelompokan teori psikologi individual. Hasil analisis menjelaskan tentang wujud dari disposisi Abrit Mayamaya dalam novel CPP yakni disposisi kardinal dan disposisi sentral. Perwujudan dari disposisi kardinal adalah sifat khas yang hanya dimiliki tokoh Abrit Mayamaya dalam ceritanya yaitu Hedonisme dan Narsisme, sedangkan wujud dari disposisi sentral merupakan sifat yang menjadi ciri-ciri dari Abrit Mayamaya yang agresif, temperamental, dan nekat.

Kata kunci: disposisi kardinal, disposisi sentral, psikologi kepribadian.

Published
2021-06-25
How to Cite
Nurqomariyyah, A., & Darni, D. (2021). Wujud Disposisi Tokoh Utama dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata (Analisis Psikologi Kapribaden Gordon Allport). JOB (Jurnal Online Baradha), 17(3), 903-921. https://doi.org/10.26740/job.v17n3.p903-921
Section
Articles
Abstract Views: 228
PDF Downloads: 334