Tata Ritual pada Jaranan Paguyuban Suko Budoyo di Dusun Wakung, Desa Sukorejo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk. (Tintingan Folklor)

  • Waryan Atmadja Sejati UNESA
  • Sukarman Sukarman, sukarman Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tata ritual dalam paguyuban Suko Budoyo (TRJ) merupakan salah satu ritual dalam pementasan jaranan yang dilakukan oleh kelompok jaranan Suko Budoyo yang berada di Dhusun Wakung, Desa Sukoharjo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk. TRJ merupakan upaya untuk melestarikan dan menjaga tradisi yang ada dalam tata laku kesenian jaranan tersebut, dan mampu mengimbangi perubahan jaman. Tata laku yang dilakukan pada sebuah ritual perlu diperjelas, karena tidak banyak orang Jawa yang mengetahui arti ritual tersebut. Selain itu bukan hanya fakta dari luar, tetapi juga makna yang terkandung dalam setiap tata ritual dan ubarampe yang digunakan.Untuk memperjelas temuan penelitian ini digunakan konsep folklor dari Danandjaja, untuk makna dan simbol menggunakan teori Teeuw, dan untuk fungsinya menggunakan teori Bascom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. instrument dalam penelitian ini adalah peneliti, daftar pertanyaan, dan alat bantu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Tata Ritual jaranan Suko Budoyo memiliki serangkain ritual. Pada ritual sebelum pementasan terdapat ritual mandi kramas, puasa mutih, puasa ngrowot, malem jumat legian, dan slametan satu sura. Pada pementasannya sendiri terdapat ritual suguh, prapatan, dan ndadi. Dan ritual terakhir yaitu slametan pada akhir pementasanAdapun fungsi tata ritual dalam jaranan Suko Budoyo di Kabupaten Nganjuk adalah sebagai fungsi pendidikan, fungsi hiburan, fungsi sindiran bagi masyarakat, fungsi kritik sosial dan fungsi lain seperti agama, pelestari budaya, dan ekonomi.

Kata Kunci: Ritual, Jaranan, Suko Budoyo, Folklor

Published
2021-07-12
How to Cite
Sejati, W., & Sukarman, S. (2021). Tata Ritual pada Jaranan Paguyuban Suko Budoyo di Dusun Wakung, Desa Sukorejo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk. (Tintingan Folklor). JOB (Jurnal Online Baradha), 17(3), 1308-1330. https://doi.org/10.26740/job.v17n3.p1308-1330
Section
Articles
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 537