Variasi Bahasa dalam Konten YouTube Gokil Abis Bajindul Vlog "Tuku Wedang Kentir Malah Dijak Padu" (Kajian Sosioliguistik)

  • Vivi Nur Aida UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Surana Surana UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

                                                                                                                                             Abstrak

Bahasa merupakan bagain dari kemampuan paling dasar yang dimiliki oleh setiap manusia. Dimana bahasa merupakan alat komunikasi paling efektif yang digunakan untuk mengungkapkan ide, gagasan, maksud, dan tujuan. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti terkait penggunaan bahasa yang terdapat dalam video YouTube Gokil Abis Bajindul Vlog. Dari beberapa video yang ada, peneliti tertarik pada salah satu video yang berjudul “Tuku Wedang Kenthir Malah Dijak Padu”. Dalam video tersebut penggunaan bahasanya sangat bervariasi, ada bahasa.indonesia, bahasa inggris, bahasa arab, dan yang paling dominan yaitu penggunaan bahasa jawa. Selain variasi bahasa, peneliti juga akan membahas secara mnyeluruh terkait peristiwa kebahasaan seperti alih kode, campur kode, dan dialek. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari video YouTube Gokil Abis Bajindul Vlog dengan judul “Tuku Wedang Kenthir Malah Dijak Padu”. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat, yang kemudian dilanjutkan pada tahap pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 4 jenis variasi bahasa, 3 jenis alih kode intern, 4 jenis alih kode ekstern, 6 jenis campur kode, dan 2 jenis dialek yang biasa digunakan dalam keseharian para penutur yang trdapat dalam video tersebut.

Kata kunci: Bahasa, Variasi Bahasa, Alih Kode, Campur Kode, Dialek

Published
2021-07-14
How to Cite
Aida, V., & Surana, S. (2021). Variasi Bahasa dalam Konten YouTube Gokil Abis Bajindul Vlog "Tuku Wedang Kentir Malah Dijak Padu" (Kajian Sosioliguistik). JOB (Jurnal Online Baradha), 17(4), 1351-1372. https://doi.org/10.26740/job.v17n4.p1351-1372
Section
Articles
Abstract Views: 399
PDF Downloads: 578