Konflik Dalam Novel Dhalang Mbarang Katresnan Karya Tulus Setiyadi (Teori Sosiologi Sastra)

  • Elin Kristinawati Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Purnomo

Abstract

Novel Dhalang Mbarang Katresnan karya Tulus Setiyadi merupakan karya sastra yang menceritakan tentang kehidupan Wisnutomo, seorang dhalang terkenal dari sebuah desa di Madiun. Perjalanannya sebagai seorang dhalang tidak terlepas dari konflik-konflik yang terjadi dalam kehidupan Wisnutomo dan tokoh-tokoh lainnya. Berdasarkan landasan penelitian ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cerita, konflik sosial, Menjelaskan upaya Paraga dalam bercerita dalam novel Dhalang Mbarang Katresnan karya Tulus Setiyadi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra Wellek dan Werren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data akan dideskripsikan secara deskriptif yaitu memberikan gambaran secara rinci dan jelas tentang bentuk konflik tokoh dalam novel Dhalang Mbarang Katresnan.

Prosedur yang digunakan adalah mengidentifikasi, membaca, mengklasifikasikan, menganalisis, dan mengklasifikasikan data sesuai dengan jenis konfliknya. Data yang digunakan dalam penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata, kalimat, dan wacana. Hasil penelitian ini dapat diringkas menjadi tiga hal yang sejalan dengan temuan peneliti (1) Mendeskripsikan cerita (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik sosial paraga yaitu ngliya, gelud, dan rubeda (3) Mendeskripsikan upaya Paraga untuk menceritakan hal-hal dalam novel Dhalang Mbarang Katresnan.

Kata Kunci: Novel Dhalang Mbarang Katresnan, Sosiologi Sastra, Konflik Sosial

Published
2022-01-28
How to Cite
Kristinawati, E., & Purnomo, B. (2022). Konflik Dalam Novel Dhalang Mbarang Katresnan Karya Tulus Setiyadi (Teori Sosiologi Sastra). JOB (Jurnal Online Baradha), 18(1), 98-125. https://doi.org/10.26740/job.v18n1.p98-125
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 390