Rasa Bingungnya Tokoh Sunarsih dalam Novel Thathit Bebuntut Udan Karya Tulus Setiyadi (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud)

  • Dinda Tri Damayanti UNESA
  • Darni Darni

Abstract

Rasa bingung yakni rasa yang timbul ketika apa yang menjadi keinginan tidak sejalan dengan pemikirannya. Novel Thathit Bebuntut Udan menceritakan masalah kejiwaan Sunarsih. Sunarsih memiliki id ingin bersanding dengan laki-laki idamannya. Tetapi ibunya tidak bisa menerima keinginannya, karena ibunya punya pilihan untuk anaknya. Id yang menjadi keinginannya Sunarsih sangat besar, menimbulkan kebingungan dalam jiwanya. Artikel ini dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif, untuk memilah data menggunakan teknik studi pustaka, baca dan catat. Berdasarkan masalah tersebut yakni struktur kepribadian, gambaran rasa bingung, dan pertahanan ego. Dengan teoriĀ  Freud yang menghasilkan penjelasan mengenai struktur kepribadian yang unggul dalam pembahasan unsur batinnya yakni superego-nya Sunarsih. Superego yang menyebabkan kebingungan dalam jiwanya. Gambaran rasa bingung Sunarsih dalam pikirannya, cemburu, sedih, yang bisa menumbuhkan rasa bingungnya. Pertahanan ego yang dialami Sunarsih ada lima. Pertahanan ego yang bisa membuatnya menurunkan rasa bingung yakni penolakan, represi, melawan diri sendiri, rasionalisasi, dan sublimasi.

Kata kunci: Keinginan, Rasa Bingung, Kejiwaan

Published
2022-02-04
How to Cite
Damayanti, D., & Darni, D. (2022). Rasa Bingungnya Tokoh Sunarsih dalam Novel Thathit Bebuntut Udan Karya Tulus Setiyadi (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud). JOB (Jurnal Online Baradha), 18(1), 151-170. https://doi.org/10.26740/job.v18n1.p151-170
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 249