Perubahan Variasi Suluk Syekh Siti Jenar dalam Film Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar

  • Bagus Wahyu M. Zulva UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Bambang Purnomo UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami bentuk perubahan variasi Suluk Syekh Siti Jenar dalam Film Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar dengan kajian ekranisasi sastra. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif. Objek kajian dalam penelitian ini yakni Suluk Syekh Siti Jenar dan Film Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini berpusat pada aspek perubahan variasi pada objek yang jadi kajian dalam penelitian ini.

Data penelitian ini didapatkan dari proses membaca dan mengamati Suluk Syekh Siti Jenar dari awal mula cerita sampai penutup. Kemudian dicari bagian mana yang termasuk ke dalam unsur pembangun ceritanya. Data tersebut kemudian disusun dengan rapi dan runtut. Sedangkan data dari film didapatkan dari cara menonton Film Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar setelah itu ditangkap layar adegan mana saja yang penting dan yang termasuk ke dalam unsur pembangun ceritanya. Data keduanya kemudian dianalisis menggunakan cara pembandingan data dari suluk dan film tersebut.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah adanya perubahan variasi alur, latar, dan tokoh dari Suluk Syekh Siti Jenar dalam Film Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar. Dalam film terdapat perubahan variasi yang tidak telalu dominan. Pada alur terdapat 2 perubahan variasi, latar suasana 2 perubahan variasi, dan tokoh juga terdapat 2 perubahan variasi. Latar yang mengalami perubahan variasi dikhususkan hanya pada latar suasana. Tidak ada latar waktu ataupun latar tempat.   

Kata Kunci: Suluk Syekh Siti Jenar, Film Sunan Kalijaga & Syekh Siti Jenar, Ekranisasi Sastra

Published
2022-06-27
How to Cite
Zulva, B., & Purnomo, B. (2022). Perubahan Variasi Suluk Syekh Siti Jenar dalam Film Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar. JOB (Jurnal Online Baradha), 18(2), 649-668. https://doi.org/10.26740/job.v18n2.p649-668
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 117