Ngelmu Padhuwungan sajrone Serat Dongeng Asmadaya

  • Hanida Nurohmadona Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Purnomo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Serat Dongeng Asmadaya merupakan salah satu karya sastra berwujud naskah yang tumbuh dalam perkembangan sastra Jawa Klasik. Suatu naskah bisa menunjukkan keadaan pada zaman penulisan naskah tersebut. Serat Dongeng Asmadaya menyebutkan dalam naskah bahwa naskah ini disebut dengan dongeng. Meskipun disebut dongeng, isi naskah mengandung beberapa pelajaran dan ilmu yang bisa menjadi tauladan untuk zaman sekarang. Salah satunya yaitu, ilmu perkerisan yang bisa menjadi pembelajaran untuk masyarakat.

Penelitian mengenai naskah Serat Dongeng Asmadaya ini menggunakan pendekatan filologi. Sumber data yang digunakan yaitu foto naskah Serat Dongeng Asmadaya yang berasal dari Yayasan Sastra Lestari Surakarta. Data primer yang digunakan yaitu kata, frasa, klausa, dan kalimat yang ada dalam Serat Dongeng Asmadaya. Metodhe dalam penelitian ini menggunakan metodhe deskriptif analisis dan hermeneutika untuk menafsirkan isi naskah.

Hasil penelitian yaitu menjelaskan karakteristik naskah yang berupa deskripsi naskah, suntingan teks, ilmu perkerisan, dan aktualisasi nilai keris dalam masyarakat. Ditemukan dua hal pembagian ilmu perkerisan, yaitu persiapan dan tata cara membuat keris. Babak persiapan merupakan tindakan menata untuk mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan ketika membuat keris. Sedangkan babak tata cara membuat keris merupakan tahap-tahap yang dilakukan ketika membuat keris. Melihat keadaan sekarang, ada beberapa pergeseran nilai keris dalam masyarakat yang akan dijelaskan dalam aktualisasi nilai keris. Pergeseran tersebut dijelaskan oleh Yoyok Soexmatyono sebagai mranggi dalam tindakan wawancara. Hasil wawancara yaitu banyak ditemukan pergeseran dalam masyarakat mengenai nilai keris dari zaman dulu hingga sekarang. Khususnya era sekarang keris lebih dihargai sebagai barang seni turun-temurun dari leluhur yang memiliki nilai ekonomi.

Kata kunci : ilmu keris, aktualisasi, Serat Dongeng Asmadaya

Published
2022-09-27
How to Cite
Nurohmadona, H., & Purnomo, B. (2022). Ngelmu Padhuwungan sajrone Serat Dongeng Asmadaya. JOB (Jurnal Online Baradha), 18(4), 1558-1566. https://doi.org/10.26740/job.v18n4.p1558-1566
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 72