INTERAKSI PERCAKAPAN DALAM LATIHAN “GROUP MUSIK” KIARAKELANA (TEORI SOSIOSTILISTIKA)

  • Biassepta Nego Prabela
  • Udjang Pairin Basir

Abstract

Sosiostilistika digunakkan sebagai alat untuk menjabarkan peristiwa tutur yang unik. Diwujudkan dalam bentuk tuturan, percakapan, tata kalimat, lalu unsur bahasa lain termasuk ragam bahasa dan gaya bahasa dalam interaksi Kiarakelana. Kesimpulanya adalah bahasa yang mereka tuturkan adalah bahasa yang memang mereka sepakati dalam grup tersebut juga dalam dunia musik. Dimulai ketika peristiwa tutur dari para anggota Kiarakelana tersebut mengimplementasikan jenis bahkan bagian-bagian variasi bahasa Sosiolinguistik dan model dalam penerapan Stilistika.

Penelitian Interaksi Percakapan dalam Latihan ‘Grup Musik’ Kiarakelana menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan definisi kata hingga gagasan pokok menurut tata urut hingga tercapainya sebuah kesimpulan penelitian. Untuk mendukung jenis penelitian tersebut, maka Teknik pengumpulan data yang digunakkan adalah Teknik wawancara non-struktural atau apa adanya data dalam lapangan, sadap, dan dokumentasi. Wawancara tersebut dilaksanakan oleh peneliti ketika percakapan atau latihan diselenggarakan. Teknik sadap, menggunakkan Teknik menyimak dengan cara menyadap lewat alat perekam suara. Data sadapan bisa berupa percakapan langsung atau tak langsung lewat pesan singkat Whatsapp atau catatan tangan. Terakhir, adalah dokumentasi perangkat data dengan cara memilah dan mengembangkan pokok pikiran dari bentuk tulisan dalam wujud buku, majalah, dokumen, warta peraturan, notulensi atau percakapan musyawarah dan lain lain yang menyangkut objek penelitian.

Kata kunci: Sosiostilistika, Interaksi Percakapan, Kiarakelana

Published
2023-07-12
How to Cite
Prabela, B., & Basir, U. (2023). INTERAKSI PERCAKAPAN DALAM LATIHAN “GROUP MUSIK” KIARAKELANA (TEORI SOSIOSTILISTIKA). JOB (Jurnal Online Baradha), 19(2), 1-19. https://doi.org/10.26740/job.v19n2.p1-19
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 42