Variasi Bahasa Dalam Film "Tilik" Karya Wahyu Agung Prasetyo (Kajian Sosiolinguistik)

  • Dewi Kharisma Universitas Negeri Surabaya
  • Surana Surana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Language variation is a form of language use that is different from speakers caused by certain factors. The existence of language variations is not only caused by speakers who are not homogeneous, but also in social interaction activities carried out with various kinds in the community. The types of language, namely language can be in the form of spoken and written. This research is a study that discusses language variations in the film "Tilik" by Wahyu Agung Prasetyo which is available on YouTube social media. This research is a sociolinguistic research because it discusses the language in YouTube social media. The theory used in this research is Chaer's sociolinguistic theory. This study used qualitative research methods. The aim is to examine and analyze the language variations in the film "Tilik" by Wahyu Agung Prasetyo. As for the topic of discussion in this study, namely the types of language variations and elements of interference in the film "Tilik" by Wahyu Agung Prasetyo.

Keyword : language variation, sociolinguistics, social media youtube, Tilik movie

 

Variasi bahasa merupakan wujud penggunaan bahasa yang berbeda-beda dari para penutur yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Adanya variasi bahasa tidak hanya disebabkan oleh para penutur yang tidak homogen, tetapi juga pada kegiatan interaksi sosial yang dilakukan  dengan berbagai macam di lingkungan masyarakat. Adapun macam bahasa yaitu bahasa dapat berupa lisan dan tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas mengenai variasi bahasa dalam film “Tilik” karya Wahyu Agung Prasetyo yang terdapat dalam media sosial youtube. Penelitian ini merupakan penelitian sosiolinguistik dikarenakan membahas bahasa yang ada dalam media sosial youtube. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori sosiolinguistik dari Chaer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuannya ialah untuk mengkaji dan menganalisis variasi bahasa yang ada dalam film “Tilik” karya Wahyu Agung Prasetyo. Adapun yang menjadi topik pembahasan dalam penelitian ini yaitu jenis variasi bahasa dan unsur interferensi dalam film “Tilik” karya Wahyu Agung Prasetyo.

Kata Kunci : variasi bahasa, sosiolinguistik, media sosial youtube, film tilik

Published
2023-07-26
How to Cite
Kharisma, D., & Surana, S. (2023). Variasi Bahasa Dalam Film "Tilik" Karya Wahyu Agung Prasetyo (Kajian Sosiolinguistik). JOB (Jurnal Online Baradha), 19(3), 193-211. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha/article/view/55674
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 192