AMBISI TOKOH DALAM NOVEL RANDHA SULASIH KARYA TULUS SETIYADI (KAJIAN PSIKOLOGI KEPRIBADIAN LUDWIG KLAGES)

  • Tenisa Elifia Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Darni Darni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract

The determination and strong desire that exists in every human being is called ambition, the existence of ambition in humans encourages them to be more persistent and enthusiastic in realizing their desires. Ambition is the dominant theme in the novel Randha Sulasih by Tulus Setiyadi, this ambition is raised by the main male character. The aim of this research is to find out the personality structure and form of the character's ambition. The theory used in this study is Ludwig Klages' psychological theory of personality. This research is classified as a qualitative descriptive research. The primary data of this study were taken from words as well as actions and actions that show the ambition of the main male character in Randha Sulasih's novel, while secondary data was obtained from other scientific works that are in line with this research. There are two research instruments, namely: researchers and stationery. Data analysis techniques were carried out in three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The result of this research is to find out the personality structure and the form of ambition of the characters in Randha Sulasih's novel. The great love for Saikun underlies the emergence of a sanguine temperament and his ambition to realize his love for Sulasih.

Keywords: Temprment, Ambition, Literature Psycholog

 

Abstrak

Tekat serta keinginan kuat yang ada dalam diri setiap manusia disebut ambisi, adanya ambisi dalam diri manusia mendorong mereka untuk lebih gigih dan bersemangat dalam mewujudkan keinginannya. Ambisi merupakan tema yang dominan dalam novel Randha Sulasih karya Tulus Setiyadi, ambisi tersebut dimunculkan oleh tokoh utama pria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur kepribadian dan wujud ambisi tokoh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pikologi kepribadian Ludwig Klages. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Data primer penelitian ini diambil dari kata – kata maupun perbuatan dan tindakan yang menunjukkan adanya ambisi dari tokoh utama pria dalam novel Randha Sulasih, sedangkan data sekunder diperoleh dari karya ilmiah lain yang selaras dengan penelitian ini. Instrumen penelitian ini ada dua, yaitu : peneliti dan alat tulis. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, pemaparan data, serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur kepribadian dan wujud ambisi tokoh dalam novel Randha Sulasih. Rasa cinta yang besar pada diri Saikun mendasari timbulnya tempramen sanguinis dan ambisinya untuk mewujudkan cintanya pada Sulasih.

Kata Kunci: Tempramen, Ambisi, Psikologi Sastra

                                               

Published
2023-07-26
How to Cite
Damayanti, T., & Darni, D. (2023). AMBISI TOKOH DALAM NOVEL RANDHA SULASIH KARYA TULUS SETIYADI (KAJIAN PSIKOLOGI KEPRIBADIAN LUDWIG KLAGES). JOB (Jurnal Online Baradha), 19(3), 306-325. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha/article/view/55679
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 100