Analisis Wujud Maksim Kualitas Dalam Film Pendek Tilik 2018

Analisis Wujud Maksim Kualitas Dalam Film Pendek Tilik 2018

  • Azizah Miraj Nanda

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial tidak  bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berkomunikasi, manusia juga menggunakan berbagai macam cara untuk memberi informasi dari salah satu orang kepada orang lainnya. Salah satu alat atau sarana memberi informasi dan berkomunikasi adalah bahasa. Salah satu ciri khas untuk memastikan berhasil atau tidaknya proses komunikasi dapat pula dilihat dari penggunaan prinsip bahasa yang ada di dalam percakapan, salah satunya yaitu prinsip kerjasama. Hal tersebut sering terjadi di kehidupan sehari-hari, khususnya di dalam hal percakapan atau hubungan seseorang dengan orang lain. Adanya kejadian tersebut kadang bisa menjadikan fenomena-fenomena di dalam peristiwa sosial manusia sebagai peristiwa yang biasa dijadikan sarana untuk bahan entertainment atau produk hiburan, salah satunya di film Tilik (2018) sebagai film pendek yang sedang viral di waktu pertengahan tahun 2020 ini berhasil menggambarkan salah satu fenomena kecil yang sering ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari khususnya masyarakat desa.

Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif, yang bersifat sinkronis. Data penelitian berwujud kata, frasa dan kalimat dalam percakapan  Film Pendek Tilik (2018). Teknik menyimak dan mencatat untuk mengumpulkan data untuk selanjutnya dianalisis dengan mengawali dari menyeleksi data yang bersifat mengandung unsur maksim kualitas atau wujud penyimpangannya berdasarkan prinsip kerjasama Grice. Kemudian dijelaskan dengan wujud contoh yang dianalisis menjadi wujud deskripsi.

Dari penelitian ini, peneliti berhasil menemukan beberapa bab-bab percakapan yang mengandung unsur tersebut. Yaitu unsur maksim kualitas yang jumlahnya ada lima puluh (50) dan wujud penyimpangan maksim kualitas yang berjumlah dua puluh tujuh (27), jadi keseluruhan wujud tuturan prinsip kerjasama mengenai maksim kualitas dalam percakapan film Tilik ada setidaknya tujuh puluh tujuh (77).

Kata kunci : Prinsip Kerjasama, Maksim Kualitas, Penyimpangan Maksim, Pragmatik, Film Cekak

Published
2024-06-26
How to Cite
Nanda, A. (2024). Analisis Wujud Maksim Kualitas Dalam Film Pendek Tilik 2018. JOB (Jurnal Online Baradha), 17(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha/article/view/61133
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0