Keterpaduan Garap Pakeliran dalam Adegan Sekel Galih Wayang Jekdong Lakon Rabine Srigati
DOI:
https://doi.org/10.26740/job.v21n2.p35-53Abstract
Wayang jekdong merupakan bentuk idiom yang merujuk pada praktik pedalangan dengan nuansa budaya Jawa Timur. Komunitas penikmat wayang kulit Jawa Timuran, beranggapan jika jekdong adalah sinonim dari wayang kulit Jawa Timuran itu sendiri. Dalam artikel ini, pembahasan wayang jekdong dikhususkan mengarah pada tradisi wayang Jawa Timuran subgaya Trowulan. Penelitian dengan judul Keterpaduan Garap Pakeliran dalam Adegan Sêkêl Galih Wayang Jekdong Lakon Rabine Srigati menjelaskan tentang koherensi konstruksi garap pakeliran dalam adegan Sêkêl Galih pada Jejer Pertama Wayang Kulit Jawa Timuran Lakon Rabine Srigati sajian Ki Pit Asmoro. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi garap pakeliran yang mengkonstruksi adegan Sêkêl Galih Jejer Pertama pada lakon tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik transkripsi. Selanjutnya, hasil transkripsi mengalami penerjemahan ke bahasa Indonesia. Studi literatur dipergunakan untuk memperkuat data yang ada. Teori yang dipakai sebagai pisau analisis yaitu teori dramaturgi pedalangan dan teori stilistika. Hasil yang diperoleh adalah adanya relasi antar unsur garap pakeliran yang menciptakan rasa khas pada adegan Sêkêl Galih. Garap pakeliran yang ditemukan berupa dhodhogan, kêprakan, sêndhon, pocapan, kagetan, gêrêngan, dan umpak-umpakan. Fungsi Sêkêl Galih didapati sebagai cermin untuk kontemplasi diri manusia. Gaya bahasa kiasan dominan digunakan untuk memperdalam rasa sêkêl.
Kata Kunci: Garap pakeliran, Keterpaduan, Ki Pit Asmoro, Sêkêl galih, Wayang Jekdong
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

