VALIDITAS LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan kemampuan dasar dibutuhkan peserta didik untuk membentuk landasan dalam mengembangkan diri. Keterampilan proses sains dapat dilatihkan kepada peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran. Dalam upaya untuk melatihkan keterampilan proses sains yang dimiliki peserta didik maka perlu adanya bahan ajar berupa Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning, pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains yang valid. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil telaah yang telah dilakukan oleh validator yang merupakan pakar pendidikan dan pakar ekologi, diketahui bahwa validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan tingkat kelayakan sebesar 91,94%.
Kata kunci: LKPD, problem based learning, keterampilan proses sains, perubahan lingkungan