KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FUNGI KELAS X SMA
Abstract
Fungi merupakan pembelajaran biologi yang membutuhkan ragam aktivitas dalam pembelajarannya, sedangkan kurikulum 2013 menganjurkan keterlaksaan keterampilan abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis oleh karena itu diperlukan adanya buku ajar berbasis aktivitas yang dapat melatihkan keretampilan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar berbasis aktivitas untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak secara teoritis berdasarkan validitas buku ajar dan empiris yang berdasarkan kepraktisan dan keefektifan buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D (define, design, develop dan disseminate), namun hanya dilaksanakan sampai tahap ujicoba yang dilakukan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya, sementara uji coba buku ajar dilakukan pada 15 siswa SMA Negeri 2 Sidoarjo pada bulan Mei 2018. Paramater yang diamati dalam penelitian ini meliputi validitas buku dan soal pada buku ajar yang ditinjau berdasarkan penilaian validator, kepraktisan buku ajar yang ditinjau dari keterbacaan, pedapat siswa dan keterlaksanaan berpikir kritis serta keefektifan buku ajar berdasarkan pada hasil belajar dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian adalah analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas buku ajar mendapatkan rata-rata 3,7 dengan kriteria sangat valid dan soal atau tugas yang ada di buku ajar sebesar 81%. Buku ajar berbasis aktivitas ini juga dinyatakan praktis dari segi keterbacaan yang memperoleh nilai 10 dengan skor rata-rata keterlaksanaan sebesar 91% dan sangat efektif dengan skor rata-rata sebesar 97% sehingga layak digunakan dalam membelajarkan materi Fungi di SMA .sehingga layak digunakan untuk pembelajaran.
Kata Kunci: Aktivitas, Buku ajar, Berpikir kritis, Fungi.
Downloads

