KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS STESLPADA MATERI JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMA

  • Fatimah Fatimah
  • Guntur Trimulyono

Abstract

Buku ajar merupakan buku yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran sebagai sumber belajar. Salah satu buku ajar yang dapat mengintegrasikan beberapa aspek seperti aspek sains, teknologi, lingkungan, sosial dan literasi yaitu dengan buku ajar berbasis Science Technology Environment Society-Literacy (STESL).Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitumateri jamur karena dalam materi jamur terdapat peranan jamur yang dapat mengintegrasikan beberapa aspek yaitu aspek sains, teknologi, lingkungan, sosial dan literasi.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku ajar materi jamur berbasis STESL yang layak secara teoritis dan empiris. Penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) tetapi pada tahap Disseminate tidak dilakukan. Sasaran penelitian ini diujicobakan pada 20 siswa kelas X di SMAN 13 Surabaya. Penilaian buku ajar ini sudah layak dilihat dari kelayakan secara teoritis yang diperoleh dari hasil validasi buku dan kelayakan empiris yang diperoleh dari uji keterbacaan dengan menggunakan grafik Fry. Hasil validasi buku ajar berbasis STESL memperoleh nilai intepretasi sebesar 91,25% sedangkan uji keterbacaan bukuĀ  dilakukan dengan menggunakan analisis formula grafik Fry yang memperoleh hasil sesuai dengan tingkatan kelas siswa yaitu pada level kelas X.

Kata Kunci: buku ajar, sains - teknologi - lingkungan - masyarakat- literasi (STESL), jamur.

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 167