Kelayakan E-LKPD Berorientasi Science, Environment, Technology, and Society Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p755-764Keywords:
Tujuan Pembangunan Keberlanjutan, Pembelajaran biologi, SETS, ADDIE, Masalah lingkunganAbstract
Perkembangan global menuntut peningkatan kompetensi abad ke-21 sebagai upaya dalam tujuan pembangunan keberlanjutan, salah satunya adalah keterampilan pemecahan masalah. Hasil studi PISA 2022 menunjukkan rendahnya kemampuan peserta didik Indonesia dalam sains dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan E-LKPD yang berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada materi perubahan lingkungan khususnya subtopik permasalahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validitas E-LKPD diperoleh melalui proses validasi oleh pakar, efektivitas diukur menggunakan analisis skor N-Gain dari hasil pre-test dan post-test, sedangkan tingkat kepraktisan dinilai melalui angket tanggapan peserta didik. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa E-LKPD tergolong sangat valid dengan perolehan skor 96,24%, sangat efektif melatihkan keterampilan pemecahan masalah dengan N-Gain 0,79 kategori tinggi dan 100% peserta didik tuntas dengan rata-rata ketercapaian tiap indikator 88,98%, sangat praktis berdasarkan respon peserta didik 93,14%. Dengan demikian, E-LKPD berorientasi SETS yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.
Downloads
References
Amalini, H. & Winarsih. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan Kelas X SMA. Bioedu, 11(1): 206-217.
Amin, M. A. N., Indriasih, D. & Utami, Y. 2022. Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Bagi Ibu-Ibu PKK Desa Mejasem Barat, Kecamatan Keramat, Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(1): 35-41.
Dasar, W. O. S., Samiha, Y. T., Asnilawati, A., Riswanda, J. & Nurkohman, A. 2020. Review: Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Multimedia Interaktif dilengkapi Education Game. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 Pembelajaran Digital dan Penelitian Pendidikan Biologi di Era New Normal: 90-97.
Daud, D. 2024. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berorientasi SETS dengan Liveworksheet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Media Bina Ilmiah, 18(9): 2377-2392.
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. AERA-D-American Educational Research Association’s Division D Measurement and Research Methodology, 16(7): 1073-1080.
Hanida, J. R., Rachmadiarti, F. & Susantini, E. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1): 22-38.
Hidayatulloh, R., Suyono, S. & Azizah, U. 2020. Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1): 1899-1909.
Itaunada, I. & Rachmadiarti, F. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa. Bioedu, 12(3): 813-823.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Khainingsih, F. G., Elfis, S. & Nahor, M. H. 2022. Desain LKPD Elektronik Berbasis Model PBL Berkonteks Budaya Melayu Materi Perbandingan untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5: 76-86.
Khoirunnisaa, K., Purwanto, P., Bachri, S, & Handoyo, B. 2022. Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terintegrasi Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(7): 633-645
Kuswandono, P. 2012. Reflective Practices for Teacher Education. LLT Journal A Journal on Language and Language Teaching, 15(1):149-162.
Nida, M., Sofyan, A. & Sari, N. 2022. Sifat Fisika dan Kimia Bokashi Limbah Pertanian Kangkung, Bayam dan Kubis. Gontor Agrotech Science Journal, 8(1): 28-43.
Organisation for Economic Co-operation and Development. 2023. PISA 2022 Results (Volume I and II). Paris: OECD Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22/5/2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Polya, G. 1973. How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Pramesti, E. S. & Lisdiana, L. 2024. The Development of Electronic Worksheets Based on SETS (Science, Environment, Technology, And Society) on Virus Topic to Improve Student Critical Thinking Skills. Bioedu, 20(10): 1-11.
Prayogi, R. D. & Estetika, R. 2019. Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2): 144-151.
Purwanti, I. & Trimulyono, G. 2024. Pengembangan Media Kanobi (Kartu Uno Biologi) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Materi Sel. Bioedu, 13(1): 187-196.
Putri, I. A., Widiyanto, R. & Mahmud, M. Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2): 141-160.
Rasyidi, M. 2020. Pengaruh Pembelajaran SETS pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 1(2): 157-163.
Ratnasari, D. H. & Nugrahaeni, N. 2024. Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2): 1652-1665.
Razak, A., Amri, Z. & Halomoan, T. 2023. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Model ADDIE Berbasis Flippdf Professional Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Jambi Medan. Journal Mathematics Education Sigma, 4(1): 63-70.
Rihanah, A. & Irma, C. N. 2022. Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1): 32–42.
Rohmatun, H. & Rasyid, A. 2022. Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Media Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA: Hal. 118-125.
Sary, L. L., Djumhana, N. & Hendriani, A. Pengaruh Pembelajaran SETS Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3): 194-207.
Siagian, G., Sirait, D. E., Situmorang, M. E. & Silalahu, M. V. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnosains Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains pada Materi Zat Makanan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar, 2(2): 63-87.
Susantini, E. 2012. Pendidikan Berwawasan Lingkungan Sebagai Sarana untuk Mewujudkan Pembelajaran Enase (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien), Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saraswati Tabanan: Hal. 29-38.
Suyanto, E., Sartinem, S. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Peserta Didik dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Kemampuan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2009. Bandar Lampung: Unila.
Suyati, E. S. & Rozikin, A. Z. 2021. Belajar & Pembelajaran. Bandung: Widina Bahkti Persada Bandung.
Vianka, M. I. 2021. Penegakan Hukum Lingkungan Atas Pembuangan Limbah Plastik di Indonesia. Morality: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2): 245-256.
Abstract views: 232
,
PDF Downloads: 30











