Keefektifan Pembelajaran Daring pada Materi Biologi dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa

  • Ervi Ifadah Universitas Negeri Surabaya
  • Muji Sri Prastiwi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji keefektifan pembelajaran daring dengan menggunakan learning management system (Google Classroom) dan media sosial (Whatsapp) pada materi Biologi untuk meningkatkan literasi digital siswa selama pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan media teknologi dan jaringan. Pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap literasi digital siswa karena kegiatan berorientasi literasi digital dengan tujuan membiasakan siswa dalam menggunakan teknologi dan jaringan terhadap literasi digital. Literasi digital yaitu kemampuan dalam mengakses, mengelola, mengevaluasi, dan membuat informasi baru menggunakan media digital. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sidayu dengan jumlah partisipan 30 siswa untuk kelas 11 MIPA 4 dan kelas 11 MIPA 5. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan (Sequential explanatory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam Google Classroom, 2) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam Whatsapp, 3) Tidak terdapat perbedaan literasi digital antara pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan Whatsapp, 4) Siswa memiliki kesadaran literasi digital setelah pembelajaran daring, 5) Pembelajaran daring dengan Google Classroom mendapat respon positif dari siswa karena dapat membantu memudahkan kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran dengan Whatsapp mendapat respon positif dan negatif karena kegiatan pembelajaaran yang menarik namun komunikasi yang kurang efektif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran daring pada materi Biologi baik menggunakan Google Classroom maupun Whatsapp dapat meningkatkan literasi digital siswa.

Published
2021-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 873
PDF Downloads: 870