Efektivitas Group Investigation Berbantu Labxchange terhadap Hasil Belajar Transpor Membran Kelas XI SMA

Authors

  • Fernanda Laily Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Muji Sri Prastiwi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Keefektifan, Group Investigation, LabXchange, Hasil Belajar

Abstract

Transpor membran merupakan salah satu pembelajaran biologi yang mengkaji pada tingkat seluler. Pembelajaran transpor membran membutuhkan strategi dan media yang tepat untuk mengajarkan konsep perpindahan molekul secara seluler. Group Investigation berbantu LabXchange merupakan kombinasi strategi pembelajaran berbasis penyelidikan secara berkelompok yang difasilitasi dengan visualisasi konsep melalui laboratorium virtual. Tujuan penelitian ini mengukur dan membuktikan sejauh mana keefektifan atau keberhasilan strategi Group Investigation berbantu LabXchange terhadap hasil belajar transpor membran. Tingkat efektivitas diukur berdasarkan peningkatan pemahaman konsep transpor membran, kemampuan kolaboratif, dan keterampilan motorik selama peserta didik melakukan simulasi berbasis LabXchange. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode dengan model sequential explanatory dan desain pendekatan kuantitatif one group pretest posttest.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Group Investigation berbantu LabXchange memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar transpor membran pada ranah kognitif sebesar 82,9%, afektif 54,6%, dan psikomotorik 49,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Group Investigation berbantu LabXchange efektif dalam meningkatkan hasil belajar transpor membran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(1), 45–53. Https://Www.Infodesign.Org.Br/Infodesign/Article/View/355%0Ahttp://Www.Abergo.Org.Br/Revista/Index.Php/Ae/Article/View/731%0Ahttp://Www.Abergo.Org.Br/Revista/Index.Php/Ae/Article/View/269%0Ahttp://Www.Abergo.Org.Br/Revista/Index.Php/Ae/Article/View/106%0A

Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 215–223. Https://Doi.Org/10.24114/Jpp.V8i4.20856

Anggis, E. V. 2020. Model Group Investigation untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa SMP. Journal Of Biology Education, 2(1), 56. Https://Doi.Org/10.21580/Bioeduca.V2i1.5999

Arini., Lutfi., Sumarmin, R., & Syamsurizal. 2020. Effect of Cooperative Learning Model Type of Group Investigation and Entry Behavior on Students’ Biology Cognitive Competence in Senior High School (SMAN 5) Padang. 10(Icobiose 2019), 136–141. Https://Doi.Org/10.2991/Absr.K.200807.030

Arum, P., & Soetarno, J. K. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi [Preprint].

Azizah, N., & Alberida, H. 2021. Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V4i3.38073

Azqiya, T. T., & Rahayu, Y. S. 2021. Misconception Profile Of 11Th Grade High School Students on Membrane Transport Using Three Tier Diagnostic Tests. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu). Https://Doi.Org/10.26740/Bioedu.V11n1.P21-27

Budiartini, M., Yuliani, & Lisdiana, L. 2016. Validitas Kartu Permainan Tic-Tac-Toe Berorientasi Active Learning Strategi Mengajukan Pertanyaan pada Sub Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 5(2), 110–114.

Ebele, F. U., & Abubakar, Z. 2019. Effects of Group Investigation Strategy on Secondary School Students’ Academic Achievement in Biology in Kwali Educational Zone Of FCT-Abuja. International Journal of Innovative Research and Development, 8(12), 113–119. Https://Doi.Org/10.24940/Ijird/2019/V8/I12/Dec19060

Falfushynska, H. I., Buyak, B. B., Torbin, G. M., Tereshchuk, G. V., Kasianchuk, M. M., & Karpiński, M. 2022. Enhancing Digital and Professional Competences Via Implementation of Virtual Laboratories for Future Physical Therapists and Rehabilitologist. CEUR Workshop Proceedings. Https://Doi.Org/10.55056/Cte.125

Halpin, P. A., & Gopalan, C. 2021. Teaching Membrane Transport Concepts Using Flipped Teaching and Dramatizations. American Biology Teacher, 83(5), 337–340. Https://Do.Org/10.1525/Abt.2021.83.5.337

Imamah, Y. H. 2021. Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mubtadiin 7(1), 175–184.

Indrawati, K. R., & Dewi, I. A.G.B.P. 2014. Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 241–250.

Ismail, S. A. 2023. Keterampilan Proses Sains Panduan Praktis untuk Melatih Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. In Eureka Media Aksara, 6(11) Https://Medium.Com/@Arifwicaksanaa/Pengertian-Use-Case-A7e576e1b6bf

Juanengsih, N., Rahmat, A., Wulan, A. Ratna, & Rahman, T. 2021. Representasi Mental Mahasiswa dalam Membaca Gambar Struktur Membran Sel Setelah Perkuliahan Biologi Sel dengan Pendekatan Vark. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.26740/Jipb.V2n1.P9-18

Kottmeyer, A. M., Meter, P. Van, & Cameron, C. 2020. How We Teach: Generalizable Education Research: Diagram Comprehension Ability of College Students in An Introductory Biology Course. Advances in Physiology Education, 44(2), 169–180. Https://Doi.Org/10.1152/ADVAN.00146.2018

LabXchange. 2021. Introduction to Diffusion and Osmosis. Diakses pada 25 Desember 2023, https://www.labxchange.org/library/items/lb:LabXchange:e701cb0d:lx_image:1.

Lestari, A., & Susantini, E. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Test pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu). Https://Doi.Org/10.26740/Bioedu.V9n3.P371-377

Maksum, A.H., & Saragih, Y. 2020. Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. Jurnal TIARSIE, 17(2), p. 47. Available at: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v17i2.72.

Nanto, D., Agustina, R. D., Ramadhanti, I., Putra, R. P., & Mulhayatiah, D. 2021. The Usefulness of Labxchange Virtual Lab and Phyphox Real Lab on Pendulum Student Practicum During Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2157(2022), 1–8. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/2157/1/012047

Norhasanah. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 105.

Nurfatimah, S. &. 2019. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(September), 121–138.

Pandra, V., & Aswarliansyah. 2023. Validitas Isi Instrumen Tes Matematika Siswa Kelas VII SMP Semester Ganjil. Jurnal Pendidikan Matematika Judika Education, 5(2), pp. 120-128.

Ramadhani, P., Farma, S. A., Fuadiyah, S., & Yogica, R. 2021. Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa, Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), pp. 791–798.

Rundgren, C. J., & Tibell, L. A. E. 2010. Critical Features of Visualizations of Transport Through the Cell Membrane an Empirical Study of Upper Secondary and Tertiary Students’ Meaning Making of a Still Image and an Animation. International Journal of Science and Mathematics Education, 8(2), 223–246. Https://Doi.Org/10.1007/S10763-009-9171-1

Sari, P. 2019. Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 43–57. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/358528-Analisis-Terhadap-Kerucut-Pengalaman-Edg-Da81b6a2.Pdf

Setiawati, M., Retnoningsih, A., & Irsadi, A. 2017. Efektifitas Praktikum Berbasis Guided Inquiry diintegrasikan dengan Video Transfer Membran terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Pemahaman Konsep Siswa. Journal Of Biology Education, 6(1), 45–55.

Solichin, M. M. 2021. Paradigma Konstruktivisme dalam Belajar dan Pembelajaran. Http://Sc.Syekhnurjati.Ac.Id/Esscamp/Risetmhs/BAB214156310013.Pdf

Subaktiar, M. A., & Prastiwi, M. S. (2024). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 13(2), 296-305.

Suryani, F. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Group Investigation. Paedagogie, 15(2), 41–48. Https://Doi.Org/10.31603/Paedagogie.V15i2.4169

Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Biologi Molekuler. Journal of Natural Science and Integration. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V2i2.7884

Widyanto, P. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kelas IV SDN Jetak 01, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang)’, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), pp. 118–129. Available at: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/708/572

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 21

Most read articles by the same author(s)