Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA

  • Silfia Mega Wati Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendekatan saintifik atau scientific approach merupakan pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati kejadian, mengidentifikasi, menemukan masalah ataau merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang telah ditemukan. Hasil penelitian terhadap validitas secara teoritis dan empiris, maka dapat disimpulkan bahwa LKS melalui model  pembelajaran berbasis scientific approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata skor validitas sebesar 3,72 dan skor validator sebesar  3,64.Berdasarkan penilaian dari validator tersebut maka diperoleh rata-rata total penilaian secara keseluruhan yaitu 3.84, yang menunjukkan bahwa Tes Hasil Belajar berada pada kategori sangat valid karena berada pada interval p > 80. hasil persentase respon peserta didik sebesar 23,04 dengan rata-rata akhir yaitu 2.95, sehingga diperoleh kriteria penilaian yaitu positif karena hasil rata-rataakhir berada pada interval 2,5 ≤ Xi < 3,5. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan perolehan N-gain sebesar 0,84 yang dikategorikan tinggi.Persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 92%. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes belajar siswa yang diberikan kepada siswa yang berupa lembar (pre-test). Hasil uji fre-test diperoleh tingkat ketuntasan mencapai 30%, hasil postest mencapai  90 %. hasil ketuntasan indikator pre-test sebesar75% dengan kategori kurang tuntas. Sedangkan, pada hasil post-test hasil ketuntasan (100%) indikator lebih tinggi dibandingkan pada hasil pre-test.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 175