Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Science Literacy untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA

  • Ifa Nur Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan 4C (critical thinking, collaborative, creativity, and communication) menjadi tuntutan untuk
menghadapi peningkatan sistem digitalisasi di era revolusi industri 4.0, dimana dapat dicapai melalui ELKPD “perubahan lingkungan” berbasis science literacy yang memuat kompetensi science literacy dan
diselaraskan dengan indikator berpikir kritis. Materi perubahan lingkungan merupakan fenomena faktual
yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat berkesinambungan pada pembelajaran aplikatif
berbasis science literacy. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD yang
valid, praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Pengembangan E-LKPD
mengunakan 4D Models (define, design, development, disseminate) tanpa disseminate. Pengumpulan data
menggunakan metode validasi, observasi, dan angket. E-LKPD diuji cobakan secara terbatas pada 20
peserta didik kelas X SMAN 1 Kota Mojokerto. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi E-LKPD sebesar 97,22% (sangat valid),
kepraktisan E-LKPD sebesar 98,77% (sangat praktis), keefektifan E-LKPD didapatkan dari ketuntasan
hasil belajar sebesar 93,18% (sangat baik), keterampilan berpikir kritis sebesar 93,58% (sangat baik),
serta respon positif guru biologi dan peserta didik sebesar 96,67% (sangat efektif). Dengan demikian, ELKPD “perubahan lingkungan” berbasis science literacy telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif
sehingga layak untuk digunakan dalam proses belajar-mengajar.
Kata Kunci: e-LKPD, perubahan lingkungan, science literacy, keterampilan berpikir kritis.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 894
PDF Downloads: 1502