Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Concept Attainment Model Subpokok Bahasan Filum Echinodermata untuk Melatihkan Pemahaman Konsep Siswa

  • Zahrotul Laili Mahbubah Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya
  • Ulfi Faizah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pemahaman konsep adalah kemampuan dalam menguasai pengertian, memberikan interpretasi serta mengetahui sesuatu untuk dapat dilihat dari berbagai segi. Pemahaman konsep peserta didik dapat diajarkan melalui Concept Attainment ModelĀ  (CAM). Model pembelajaran CAM dalam penerapannya dapat dibantu melalui sumber belajar Lembar Kegiatan Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis CAM subpokok bahasan Filum Echinodermata untuk melatihkan pemahaman konsep peserta didik yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. LKPD tersebut menggunakan desain penelitian model 4-D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate, namun tahap akhir tidak dilakukan. Uji coba dilakukan pada 16 peserta didik kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Ngimbang. Berdasarkan hasil validasi para ahli terhadap kelayakan isi, bahasa, penyajian serta karakteristik CAM menunjukkan bahwa LKPD dikatakan sangat valid dengan skor sebesar 3.86%. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik dikatakan sangat praktis dengan skor sebesar 86.72%. Berdasarkan respons peserta didik memperoleh skor rata-rata 96.50% dengan kategori sangat efektif. Selain itu, Keefektifan LKPD berdasarkan hasil belajar yang ditinjau dari nilai pre-test dan post-test mendapatkan skor dengan kategori tinggi. Tes pemahaman konsep peserta didik mendapatkan skor rata-rata pada saat pre-test adalah 48.6% dan skor rata-rata post-test adalah 82.7%.

Kata kunci : Concept Attainment Model, Pengembangan, Echinodermata

Published
2021-02-25
Section
Articles
Abstract View: 237
PDF Download: 215