Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p574-586Keywords:
SDGs, bahan ajar, kreativitas, perubahan lingkunganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-LKPD berbasis project based learning submateri pencemaran lingkungan untuk melaihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Fitur yang terdapat pada E-LKPD yang dikembangkan adalah Bio Explore, Bio Vid, Bio Ask, Bio Inspire, Bio Planning, Bio Activity, Let’s Show Case, dan Bio Reflect yang diintegrasikan dengan indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian dan merinci. Uji validitas E-LKPD dilakukan oleh 3 validator memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 98,89% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dinilai berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik dengan memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 100% dan 91,87% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD dinilai berdasarkan hasil belajar siswa, ketercapaian indikator berpikir kreatif dan angket respon peserta didik. Peningkatanm hasil belajar siswa berdasarkan skor N-gain score yang diperoleh sebesar 0,73 dengan kategori peningkatan yang tinggi mampu melatihkan keterampilan berpikir kreatif dan penilaian proyek siswa sebesar 94% dengan kategori sangat efektif. Selain itu, angket respon positif peserta didik terhadap penggunaan E-LKPD memperoleh rata-rata persentase sebesar 93,79% dengan kategori sangat efektif. E-LKPD yang dikembangkan mampu melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa khususnya pada materi pencemaran lingkungan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis project based learning pada sub materi pencemaran lingkungan dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar.
Downloads
References
Ai’syah, A., Salma, U. Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan STEM Menggunakan Google Form dan Linktree untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 301-314).
Altatri, A., & Ardi, A. (2024). Studi literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2442–2452. (DOI : https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12766).
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60. (DOI : https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550).
Bahri, M. S., Adu, L., & Wassahua, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV MIN 1 AMBON. Jurnal Induksi Pendidikan Dasar, 1(2).
Chrustiana, T. I., Rahmawati, D., Anwar, R. B., & Fauzi, I. (2025). Project Based Learning: A Solution to Improve Students' Learning Achievement. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 8(2), 266-278.
Damayanti, J., & Ratnasari, E. 2021. Profil dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Kewirausahaan dalam Era Industri 4.0. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi(BioEdu).10(3), 530-541. (DOI : https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p530-540).
Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2015). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Serta Strategi Pembelajaran Yang Diterapkan Guru Smp Di Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang.
Güver, S., & Motschnig, R. (2017). Effects of Diversity in Teams and Workgroups : A Qualitative Systematic Review. International Journal Of Business, Humanities and Technology. Vol. 7, No. 2, June 2017.
Hidayah, B. N., & Nugraheni, N. (2024). Peran Pembelajaran Abad 21 Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1666-1677.
Lestari, B. B., & Nugraheni, N. (2024). Penerapan Edukasi SDGS di Lingkungan Sekolah Guna Mendukung Terwujudnya Kesejahteraan Pendidikan. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 67-72.
Mista, W., Aima, Z., & Fitri, D. (2024). Validitas E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Eksponen. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2373-2385. (DOI : https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3508).
Ningrum, A. K. P., Khaerunnisa, E., & Ihsanudin, I. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Video Animasi Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 841-849. (DOI : https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4572).
Nisak, E. F. K., & Susantini, E. (2023). Pengembangan e-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 683-694. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p682-693.
Primadoni, A. B., & Muslim, R. I. (2023). Faktor rendahnya keterampilan berpikir kreatif dalam menciptakan inovasi baru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 958-966. (DOI : https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10724).
Putri, A. C. H., Sulistyaningsih, D., & Suprayitno, I. J. (2025). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition dengan Pendekatan Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 286-297. (DOI : https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5197).
Putri, F. N., Noer, A. M., & Erviyenni, E. (2023). Pengembangan E-Lkpd Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning pada kelas xi SMA/MA sederajat. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 8(2), 130-137. (DOI : http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7843).
Ramadhona, R. (2024). The Effectiveness of Project Based Learning In Increasing Student Creativity In High Schools. International Journal of Teaching and Learning, 2(11), 3226-3237.
Ramadlon, M. F. A., Harimurti, R., Joko, J., & Rijanto, T. (2025). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan Kelas X Titl Di SMKN 1 CERME. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(03), 149-154.
Riduwan. (2012). Skala PENGUKURAN Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Salma, F. N., Cahyani, A. E., Nurjanah, S., Ma’rifati, R. K. D. N., & Latif, I. N. A. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Quran Hadis (Studi Kasus di Yayasan Mambaul Ulum Montong). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(12), 5648-5657.
Saputri, D. Y., & Maura, D. S. (2024). Implementation of Project-Based Learning Model to Improve Students' Collaboration Skills: Literature Review. International Journal of Social Science and Human Research, 7(10). (DOI : https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i10-26).
Saputri, W., & Reinita, R. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Canva dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 333-341.
Setiawan, E., & Indana, S. (2021). Validitas LKPD Berbasis PjBL pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 250-256.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070-2080.
Suryani, E., & Rini, Z. R. (2023). Pengembangan e-lkpd berbasis sets untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 158-167. (DOI : https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p158-167).
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020).
Syahputri, D. N., Solikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 67-74. (DOI : https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37598).
Utami, K. L. S., Suastra, I. W., Suarni, N. K. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Tema Sumber Energi Kelas IV SD. PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). (DOI : https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.952).
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan e-book berbasis project based learning (pjbl) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas xii sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325. (DOI : https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325).
Yusnaeni, Y., Corebima, A. D., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2017). Creative Thinking of Low Academic Student Undergoing Search Solve Create and Share Learning Integrated With Metacognitive Strategy. International Journal of Instruction. Vol. 10 (2), hal : 245-262.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616. (DOI : https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616).
Abstract views: 286
,
PDF Downloads: 136











