Pengembangan Booklet Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Lingkungan sebagai Bahan Ajar Kelas X SMA

Authors

  • Ulia Asmaul Khusna Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p636-644

Keywords:

Perubahan lingkungan,, Booklet,, Adaptasi,, Mitigasi, , Bahan ajar,

Abstract

Perubahan lingkungan menjadi salah satu tantangan terbesar bagi umat manusia saat ini, hingga berdampak signifikan terhadap ekosistem dan kehidupan manusia. Di Indonesia, dampak dari perubahan lingkungan sangat jelas terlihat, dengan meningkatnya frekuensi dan intensitas bencana alam. Situasi ini memerlukan upaya bersama untuk mengurangi dampak negatif dan meningkatkan kemampuan adaptasi masyarakat terhadap perubahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan booklet "Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Lingkungan" yang digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas X SMA, yang layak baik secara teoritis maupun empiris. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang mencakup tahap define, design, develop, dan disseminate. Validitas teoritis booklet ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dalam media, dan materi, serta guru biologi. Skor validitas ini digunakan untuk menilai kelayakan booklet. Validitas empiris ditentukan berdasarkan hasil respon siswa terhadap booklet, dan hasilnya digunakan untuk menilai tingkat kepraktisan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Validasi booklet menunjukkan hasil 98,25%, yang menunjukkan tingkat validitas sangat tinggi. Respon positif siswa terhadap booklet mencapai 97,74%, yang berarti booklet "Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Lingkungan" sangat praktis. Kesimpulannya, booklet "Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Lingkungan" secara teoritis dan empiris sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astashina, M. S. 2019. The Language Course is Not Just a Book. It is a Complex set of Educational Components. Language and Text. Vol 6(4), hal 64-69.

Aulia, I. N., Pukan, K. K., dan Widiyaningrum, P. 2019. Effectiveness of Model Problem Based Learning with Video Learning Imun System Materials in Sma 1 Semarang. Journal of Biology Education. Vol 8 (1), hal. 35-42.

BSNP. 2014. Naskah Akademik Instrumen Penilain Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fitriasih, R., Kasrina, I., dan Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Peserta didik Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. Vol 3(1), hal 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio .3.1.100-108.

Fitrihidajati, H. 2018. “Validitas Dan Keterbacaan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Kelas X”. Jurnal BioEdu. Vol. 7(3): hal. 545-554.

Hu, H., Lei, T., Hu, J., Zhang, S., dan Kavan, P. (2018). Disaster mitigating and general innovative responses to climate disasters: Evidence from modern and historical China. In International Journal of Disaster Risk Reduction. Vol. 28. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.20 18.01.022.

Imtihana, M., HB, F.P.M. dan Priyono, B., 2014. “Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di SMA”. Journal of Biology Education. Vol. 3(2): hal. 186-192.

Jonathan, N., Chukwudi, J. H., dan Monday, E. M. 2017. The Use of Instructional Media among Selected Sceince Subject Teachers in Ilishan Remo Senior Secondary School, Ogun State. Journal of Educational Policy and Enterpreneurial Research. Vol 4(1), hal 61-71.

Ogren, M., Nystrom, M., & Jarodzka, H. 2017. There’s More to The Multimedia Effect than Meets The Eye: is Seeing Pictures Believing?. Instr Sci, Vol 4 (5), hal 263–287.

Pemerintah Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Proses Pembelajaran. Lembaran RI Tahun 2005. Jakarta.

Pralisaputri, K., Heribertus, S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco. Vol 2(2), hal 147– 154.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rani, B. K., Widiyaningrum, Priyantini, Anggraito, Y. U. 2020. Effectiveness of Research Based Booklet Media of Conventional Biotechnology Applicationas A Supplement of Biotechnology Teaching Materials in Senior High School. Journal of Innovative Science Education. Vol 9(3): hal 295 –300.

Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riduwan. 2016. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Taslim, R. K., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2017). Pengembangan Buku Teks Pelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 231 , PDF Downloads: 128

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.